Sekdaprov Gesa Bangun Pelantar I-II

0
831
SINGGAH : Kapal-kapal singah di Pelantar I, Tanjungpinang. f-tunas/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah menggelar pertemuan dengan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri di Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Kamis (15/6) lalu. Saat itu, Arif Fadillah meminta semua proyek fisik tahun 2017 ini harus secepatnya dikerjakan. Ia ingin proyek yang dilelang untuk segara dikerjakan.

Adapun proyek fisik yang akan dibangun Pemprov Kepri tahun ini yaitu Pembangunan Dermaga Pelantar I dan II Tanjungpinang. Pembangunan pelantar diminta secepatnya dikerjakan bersama pembangunan pelabuhan lainnya. Arif mengatakan, pembangunan semua pelabuhan yang direncanakan jangan sampai terlambat. Karena itu sangat dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga :  40 Qori Berlaga di MTQ Kecamatan Timur

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, pada prinsipnya, infrastruktur harus dibenahi dulu agar arus barang lancar dari satu daerah ke daerah lainnya. Untuk itu, Pemprov akan membangun Dermaga yang menghubungkan pelantar I dan II. Tujuannya, agar kapal masuk bisa parkir sekaligus dengan kapasitas lebih dua.

Selama ini, Pelantar I masih terpisah dengan pelantar II. Sehingga, kapal masuk hanya terbatas. Misalnya di Pelantar I, kapal masuk hanya bisa satu saja. Dengan demikian, kapal lain yang hendak masuk harus antre dulu. Ini akan membuat masa bongkar muat kapal terlambat.

Jika bongkar muat barang lambat, maka barang akan lama sampai di pasar. Jika barang lama sampai di pasar, maka harganya akan naik. Ini yang harus dihindari.
Jika masa bongkar muat barang di pelabuhan lama, maka masyarakat yang merasakan akibatnya nanti. Untuk itulah, pelabuhan itu harus segera dibangun.

Baca Juga :  Turis Tiongkok Terdeteksi Penyakit ISPA

Dalam perencanannya nanti, dermaga itu akan dibangun dengan panjang sekitar 230 meter. Sehingga, beberapa kapal bisa bersandar sekaligus dan bongkar muat. Dengan demikian, barang akan cepat dibongkar dengan tenaga crane dan cepat sampai di pasar. Kemudian, akan dibangun juga gudang besar di sana.

Ini slaah satu upaya Pemprov membantu Pemko dalam hal menyediakan pelabuhan yang lebih baik, dnegan kapasitas yang lebih besar. Terkait Detail Engineering Design (DED) sudah dibuat oleh dinas terkait yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Konsumen Ikuti Wawancara KPR Subsidi

Terkait ini, juga sudah dibahas bersama Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah belum lama ini. Intinya, sama-sama mendukung percepatan pembangunan pelabuhan. Sehingga biaya bongkar muat lebih murah dan terpenting, barang smapai ke masyarakat lebih cepat dari waktu sekarang. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here