Sekeluarga Ikut Nyaleg di Pileg 2019

0
1205
Sarafuddin Aluan, Bacaleg PPP juga anggota DPRD Provinsi diwawancarai awak media.F-istimewa

Di Tanjungpinang ada satu keluarga maju sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Pemilu 2019. Ayah dan anak maju Bacaleg DPRD Provinsi Kepri. Istrinya maju di DPRD Kota Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Satu keluarga nyaleg yakni keluarga H Sarafuddin Aluan. Ia Bacaleg DPRD Provinsi Kepri yang akan bersaing dengan anak bungsunya, Intan Meithary yang juga Bacaleg PPP daerah pemilihan Tanjungpinang.

Istri Safaruddin Aluan sendiri, yakni Hj Rosiani kini anggota DPRD Kota Tanjungpinang, kembali maju sebagai Bacaleg di Dapil Kecamatan Tanjungpinang Kota- Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Sama Dapil di Pemilu 2014 lalu. Mereka sudah resmi terdaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari PPP di KPU Provinsi Kepri dan DPRD Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  KPU Buka Pendaftaran Caleg

Aluan begitu sapaan akrabnya, menduduki nomor urut satu. Sedangkan anak perempuannya ditetapkan nomor empat. Diurutan kedua atas nama Effiyanti Yusuf, disusul ke tiga Arlis Gazali dan yang ke lima Mudiarlis.

Menurut Pengamat Politik Kepri, Endri Sanopaka, ada dua alasan kenapa satu keluarga, ayah, istri dan anak maju dan bersaing dalam partai dan Dapil yang sama.

Yang pastinya, anaknya bukan dijadikan saingan, mengingat rekam jejak Ketua PPP Kepri itu, sudah dua periode di DPRD Kepri lebih unggul.

Baca Juga :  Khawatir Pilwako Sepi Pemilih

Alasan lainnya, kemungkinkan untuk menjaga gensi partai, karena kekurangan kuota kader perempuan yang akan dimajukan. ”Mungkin ini yah, sebagai partai yang lama kuota setiap Dapil harus terpenuhi. Jika tidak kepercayaan masyarakat bisa saja hilang karena tidak mengkaderisasi,” ungkapnya.

Menurut Endri, mencari Bacaleg kini susah, karena hanya untuk sekedar mengisi kursi harus mengeluarkan biaya senilai Rp1 juta hingga Rp1,5 juta. Jika ingin masuk atau terpilih perlu mengeluarkan biaya yang besar. ”Jadi kalau mau cari orang hanya sekedar mengisi kursi saja susah, mungkin itu alasan memilik anaknya juga ikut bertarung. Daripada kasih ke yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga :  H Syahrul Belum Tentukan Balon Wakilnya

Alasan kedua yaitu, mereka menilai bahwa tidak akan ada yang memperhatikan sedetail itu, terkait nama-nama yang mencalonkan. ”Jadi bisa jadi mereka mengira tidak ada yang tahu bahwa ayah, istri dan anak bertarung, mengingat nama anaknya belum tenar,” tuturnya.

Ia menambahkan, bisa jadi kader yang menjadi Bacaleg di partai itu, kerabat dan famili. Sebab, tidak semua masyarakat kenal. (DESI-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here