Sekolah Dapat Belasan Juta

0
351
Bupati Bintan H Apri Sujadi meninjau fasilitas Sekolah Dasar di Bintan Timur, sekaligus bersilaturahmi dengan pelajar dan guru. F-ISTIMEWA

Pemkab Bintan Siapkan Rp 2 Miliar Dana Bosda

BINTAN – PEMKAB Bintan telah menyediakan dana sekitar Rp 2 miliar, untuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda), tahun anggaran 2018 ini. Dana sekitar Rp 2 miliar itu dialokasikan ke setiap sekolah di Bintan, masing-masing akan menerima belasan juta.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menjelaskan, dana Bosda ini disipakan dalam upaya meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Bintan. Penyaluran Bosda sudah mulai disalurkan pada semester I ini. Alokasi Bosda ini diharapkan bisa mendorong program pendidikan gratis di Kabupaten Bintan. Khususnya di sekolah-sekolah yang berada di daerah pesisir serta pulau-pulau kecil.

”Ini pertama kalinya, kita siapkan dana Bosda mulai tahun 2018 ini. Setiap Sekolah Dasar (SD) akan menerima bantuan operasional daerah sebesar Rp 16 juta. Sedangkan untuk SMP diberikan sebesar Rp 19 juta per sekolah,” sebut H Apri Sujadi, Minggu (22/7) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir SSi MSi menyampaikan, dana Bosda merupakan bantuan biaya operasional untuk sekolah, dari anggaran Pemkab Bintan. Dana tersebut sebagai suporting bagi setiap sekolah SD dan SMP, yang sudah menerima Bosnas (nasional) dari pemerintah pusat.

Menurutnya, besaran dana Bosnas sebenarnya belum memenuhi standar pembiayaan minimal, sesuai dengan standar nasional pendidikan. Atas dasar itu, Pemkab Bintan menganggarkan dana Bosda, guna meningkatkan kemajuan bidang pendidikan daerah. Agar kekurangan dari Bosnas dapat sesuai dengan standar pembiayaan sekolah yang diperlukan.

Kadisdik menegaskan, peruntukan Bosda tidak sama dengan Bosnas. Sehingga, nantinya tidak akan terjadi tumpang tindih penggunaan dana Bosnas maupun Bosda. Bosda diharapkan lebih banyak penggunaanya kepada peningkatan penataan lingkungan sekolah, peningkatan program penguatan pendidikan karakter, dan peningkatan sarana lainnya.

”Jadi, Bosda ini sebagai upaya Pemkab Bintan guna mendukung bidang pendidikan, dengan ikut membantu operasional sekolah. Agar sesuai dengan standar pembiayaan sekolah yang diperlukan secara nasional tersebut,” tutupnya. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here