Sekolah Swasta Harus Ada Kelebihan

0
539
ANGGOTA Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Petrus M Sitohang SE,Ak bersalaman dengan komandan upacarasaat menjadi irup di SMPN 15 Tanjungpinang, baru-baru ini.F-martunas/tanjungpinang pos

Petrus Sitohang Khawatir Siswa Negeri Makin Membeludak

Pengelola sekolah-sekolah swasta di Tanjungpinang diharapkan membuat kelebihan masing-masing sekolahnya agar bisa menjadi tujuan orangtua siswa untuk menyekolahkan anaknya.

TANJUNGPINANG – JIKA tidak demikian, dikhawatirkan sekolah-sekolah swasta yang ada di Tanjungpinang bisa makin sepi siswanya. Apalagi saat ini, orangtua siswa cenderung mengutamakan mendaftarkan anaknya di sekolah negeri.

Anggota Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Petrus M Sitohang mengatakan, sebagai wakil rakyat, kondisi ini menjadi dilema buatnya. Di satu sisi, nasib sekolah swasta juga harus dipikirkan.

Di sisi lain, orangtua juga bebas memilih apakah anaknya mau disekolahkan di negeri atau swasta. Untuk swasta yang sudah punya nama, tidak perlu dikhawatirkan karena siswanya tetap banyak.

Namun, sekolah swasta yang siswanya masih minim, ke depan bisa saja makin sedikit yang mendaftar. Itu karena tidak memiliki kelebihan di mata masyarakat. Sebenarnya, sebagian orangtua siswa tidak mempermasalahkan uang sekolah di swasta dengan catatan ada kelebihan sekolah itu.

Baca Juga :  Ajak Membaca Sejak Dini

Rela membayar uang sekolah, yang penting ada nilai lebih yang diperoleh anaknya. Jika sama dengan negeri, tentu orangtua memilih sekolah negeri yang gratis uang sekolah khusus SD dan SMP.

Tahun depan, Pemko Tanjungpinang akan membangun sekolah negeri di daerah Batu 10. Otomatis, kehadiran sekolah ini nanti menjadi saingan tersendiri bagi sekolah swasta yang ada.

Salah satu yang perlu digalakkan di sekolah swasta adalah, memperbanyak kegiatan atau lomba. Siswa akan disibukkan dengan latihan nanti untuk mengikuti lomba-lomba yang diadakan di sekolah.

Baca Juga :  SD dan SMP Ujian di Bulan Puasa

Dengan sendirinya, prestasi akademik siswa akan ikut membaik. Petrus mengatakan, untuk membuat lomba, hadiahnya tidak perlu banyak-banyak. Yang terpenting bagi siswa adalah, mereka bisa dapat piagam atau piala.

Anak-anak akan termotivasi dengan perolehan prestasi tersebut. Medali atau piagam merupakan penghargaan yang sangat berarti untuk siswa. Ini akan diingat sepanjang hidupnya dan menjadi kenangan tersendiri nanti.

Orangtua akan melihat satu sekolah dengan berbagai kegiatan yang dilakukan. Sehingga anaknya tidak hanya sekolah, pulang lalu besoknya sekolah lagi.

Orangtua juga menginginkan hari-hari anaknya disibukkan dengan berbagai kegiatan baik untuk meningkatkan prestasi akademik maupun nonakademik.

Secara psikologis, anak-anak butuh dorongan seperti itu. ”Mereka sangat bangga kalau sudah dapat piala. Dapat piagam. Berfoto dengan pialanya. Keluarganya bangga. Ini salah satu dorongan bagi swasta agar lebih diminati orangtua siswa,” ujar Petrus kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Baca Juga :  Full UNBK SMP hanya di 7 Provinsi

Namun, berbagai kegiatan tersebut tentu harus dipublikasikan. Sehingga masyarakat tahu mana sekolah yang aktif melakukan berbagai kegiatan positif untuk siswanya. Karena itulah, ia berharap sekolah-sekolah swasta bisa menggelar berbagai lomba untuk siswanya. Kemudian, disiplin dan prestasi akademik juga harus didorong.

”Berbagai kegiatan itu akan menarik minat siswa untuk sekolah. Dan prestasi akademik harus diutamakan. Sehingga orangtua tidak merasa rugi mengeluarkan uang, yang penting anaknya dapat prestasi,” katanya.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here