Sekolah Tanjungpinang Didorong Berbasis IT

0
883
BERBINCANG: Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu berbincang sama guru SMPN 1 Tanjungpinang.f-DESI LIZA PURBA/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tanjungpinang sudah ditambah. Selain kota budaya kini juga menjadi kota pendidikan. Hal ini disambut baik oleh berbagai kalangan, dalam upaya mewujudkan Tanjungpinang menjadi kota tujuan siswa bersekolah.

Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu menuturkan rencana ini bagus. Meski demikian, ada pekerjaan besar yang harus disediakan Pemko Tanjungpinang.

Diantaranya program unggulan yang akan diberikan kepada siswa. Jika proses pendidikan di Tanjungpinang masih seperti saat ini, sulit mewujudkan hal tersebut.

”Tanjungpinang sebagai kota pendidikan itu bagus, tapi harus ada yang ditonjolkan dalam pendidikannya. Jadi orang-orang mau datang bersekolah ke sini,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Baca Juga :  Hari Ini, PPDB Online Aktif Lagi

Apakah dalam kualitas tenangan pengajar, kurikulum serta ketersediaan sarana dan prasarananya. Ini menjadi pekerjaan utama yang harus disesuaikan.

Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, menuturkan, jika ingin menjadi kota pendidikan, bagusnya sistem sekolah di Tanjungpinang berbasis Informasi dan tekonologi (IT).

Hal ini mengingat pembelajaran berbasis IT sangat memungkinkan bagi siswa untuk dapat bereksplorasi, berkreativitas, menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, dan tentunya menambah wawasan serta ilmu pengetahuan.

Jika menerapkan sistem ini, maka pemerintah perlu menyediakan standar pengajaran atau kurikulum, sarana prasarana pendidikan, inovasi kreatif serta tenaga pengajar yang perlu disiapkan.

Baca Juga :  Anggaran Beasiswa Rp 1 Miliar

”Sekolah basis teknologi informasi sangat mampu melahirkan siswa-siswi cerdas dan mengikuti perkembangan,” ungkapnya.

Bahkan sistem pembelajaran IT bisa diterapkan dari siswa tingkat SD. Ini dinilai penting, sebagai dasar landasan nantinya menuju jenjang pendidikan lanjutan tingkat SMP.

Di Tanjungpinang SD berbasis IT sudah ada, namun lebih ke swasta. Jika negeri menerapkan ini, dinilai sangat bagus. Jika belum bisa secara sekaligus, maka dapat dilakukan secara bertahap.

Jika Pemko mampu menerapkan sekolah sistem IT, maka diyakini kemajuan pendidikan di Tanjungpinang akan sangat berkembang. Serta banyak diminati siswa.

Baca Juga :  700 Peserta ikut Pelatihan Wirausaha

Selain itu melengkapi sarana dan prasarana sekolah dengan baik. Ini juga menjadi salah satu penunjang kemajuan pendidikan.

”Sekolah-sekolah harus ada lab komputer, Biologi serta lainnya. Ini penting untuk menunjang proses belajar siswa di skeolah,” ungkapnya.

Kekurangan Ruang Kelas Belajar (RKB) juga perlu diselesaikan. Bila perlu dilakukan penambahan Unit Sekolah Baru (USB) terutama di kawasn Tanjungpinang Timur mulai dari SD dan SMP.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here