Sekolah Tidak Boleh Tahan Ijazah Siswa

0
444
ATMANDINATA

TANJUNGPINANG – Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menangah Atas (SMA) Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Atmadinata menuturkan, bahwa sekolah tidak punya alasan apapun untuk menahan ijazah siswa.

Hal ini disampaikan setelah ada informasi ada ijazah siswa SMAN 6 Tanjungpinang tidak diberikan karena diduga tidak mampu membayar uang sekolah. Informasi ini diterima Tanjungpinang Pos, melalui anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang, Simon Awantoko melalui Reses yang dilakukan beberapa waktu lalu. Simon menuturkan, ada salah satu siswa yang sudah lulus tahun lalu tidak menerima ijazah.

”Harusnya tidak ada alasan apapun bagi sekolah untuk menahan ijazah siswa tersebut, apalagi sekolah berstatus negeri,” ungkapnya. Untuk pengambilan ijazah, dikabarkan bahwa pelajar dengan isial IF ini harus menyerahkan sejumlah uang kepada pihak sekolah.

Atmadinata menambahkan, untuk ijazah siswa tingkat SMA sederajat belum diserahkan kepada siswa. Sebab blanko ijazah baru diambil pihak sekolah dari Dinas Pendidikan. Ini artinya sekolah masih belum bisa membagikan karena siswa sedang libur. Jika ada siswa tahun lalu sampai saat ini tidak menerima ijazah, diminta untuk segera memberikan.

”Sekolah tidak punya alasan apapun untuk menahan ijazah siswa, itu adalah hak siswa, maka berikanlah,” terang Atmadinata. Disinggung mengenai kecurigaan adanya peringatan dari pihak sekolah kepada siswa terkait masih menunggaknya sejumlah biaya, Atmadinata menilai sah-sah saja dengan tujuan agar kewajiban segera diselesaikan, namun harus dilakukan komunikasi dengan wali murid.

Jangan siswa yang menyampaikan, khawatir salah persepsi atau tanggapan. ”orangtua harus kooperatif kalau ada tunggakan, selesaikanlah dengan cara bijak, saya yakin pihak sekolah memakluminya,” kata dia.(YOAN S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here