Seksi, 7 Destinasi Kepri Nominasi API 2018

0
244
KAWASAN Alif Stone Natuna, salah satu yang masuk nominator API 2018. f-net

DOMPAK – Provinsi Kepri mengandalkan tujuh destinasi unggulan dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. Ajang bergengsi ini kembali digelar untuk ketiga kalinya dengan total 18 kategori yang dilombakan. Dan akan diumumkan pada Oktober mendatang.

Pada penyelenggaraan kompetisi pariwisata daerah ini terdapat kategori Wisata Olahraga & Petualangan, serta Wisata Air dan Ekowisata yang merupakan modifikasi dari beberapa kategori di tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri Buralimar menyampaikan, ada tujuh destinasi Kepri masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Dengan lolos seleksi ini, ia mengajak masyarakat untuk mem-vote melalui gawai masing-masing dan bisa dilakukan berulang.

Tujuh destinasi itu menurut Buralimar, adalah Bintan Mangrove (Bintan, 5A), Gunung Daik (Lingga, 6E), Melayu Square (Tanjungpinang, 11H), Festival Barongsai (Karimun, 12D), Alif Stone Park (Natuna, 16A), Kampung Terih (Batam, 17D), dan Pulau Mengkiang Panjang (Anambas, 18H).

”Masuknya tujuh destinasi Kepri sebagai nominator API tentu luar biasa. Hal ini menunjukan kualitas dari destinasi pariwisata Kepri secara menyeluruh. Kami berharap nominator-nominator dari Kepri bisa keluar sebagai juara API 2018. Dan membawa nama baik Kepri di mata nasional dan internasional,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar, Selasa (4/9).

Destinasi Kepri memang seksi. Apalagi Kepulauan Riau menjadi pintu masuk wisman terbesar ketiga pada 2017. Namun, untuk menjadi juara di API 2018, Kepri membutuhkan dukungan dari masyarakat.

”Nominator Kepri di API 2018 membutuhkan dukungan dari masyarakat luas. Untuk itu, kami berharap masyarakat mau memberikan dukungan untuk nominator-nominator yang dimiliki Kepri. Sebab, status juara di API 2018 memiliki makna lebih bagi pariwisata Kepri,” lanjutnya.

Setiap penghargaan yang diterima pariwisata Kepri, jadi energi tersendiri. Sebab, setiap award memiliki unsur 3C. Yaitu, calibration (kalibrasi), confidence (kepercayaan diri), dan credibility (kredibilitas).

Artinya Kepri memiliki kesempatan untuk mengukur dan mengevaluasi kualitas pariwisatanya. Award juga otomatis menaikan value pariwisata Kepri secara menyeluruh.

”Kami tunggu dukungan masyarakat untuk memenangkan wakil-wakil Kepri di API 2018. Pariwisata Kepri harus dimenangkan di API 2018,” tegas Buralimar.

Anugerah Pesona Indonesia 2018 memiliki 18 kategori bergengsi. Ada kategori kuliner terpopuler, wisata olahraga, olahraga dan petualangan, juga wisata air.

Ada juga juga kategori ekowisata, wisata dataran tinggi terpopuler, cenderamata oleh-oleh khas, hingga atraksi budaya. Space juga diberikan bagi kampung adat, situs sejarah, wisata halal, festival pariwisata, wisata belanja, juga pariwisata digital. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here