Selasa, O2SN tingkat Tanjungpinang Dimulai

0
1263
Para anggota FGO Tanjungpinang yang terdiri dari guru olahraga tingkat SD, SMP dan SMA melaksanakan Technical Meeting bersama Dispora Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD dan SMP tingkat Tanjungpinang siap digelar mulai, Selasa-Minggu (17-22/4) 2018 ini. Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang bersama 120 guru olahraga yang tergabung dalam Forum Guru Olahraga (FGO) Tanjungpinang melaksanakan Technical Meeting (TM) di SMPN 4 Tanjungpinang, Jumat (13/4) sore.

Kabid Olahraga Dispora Kota Tanjungpinang, Firsandi menuturkan, ada delapan cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan di O2SN Kota Tanjungpinang. Meskipun hanya lima Cabor yang dipertandingkan tingkat provinsi dan nasional nantinya.

Lima Cabor yang dipertandingkan tingkat nasional yaitu, Karate, Tenis Meja, Renang, Atletik dan Pencak Silat. Tiga cabor tambahan O2SN tingkat kota yaitu, Bola Voli, Sepak Takraw dan Bulu Tangkis.

Ia menuturkan, tiga Cabor tingkat Tanjungpinang ditambah karena melihat animo peserta, sekaligus upaya pembinaan. Sesuai hasil dari pendataan dari pihak FGO, 28 SMP di Tanjungpinang mulai dari sekolah swasta dan negeri akan mengirimkan siswa terbaik mereka ikut serta. Sedangkan tingkat SD, tergabung menjadi 15 club. Masing-masing club terdiri dari lima sekolah. Artinya,  ada 75 sd yang mengikuti O2SN.

Baca Juga :  Organda Tanjungpinang-Bintan Peduli Riau

Kasi Olahraga Dispora Tanjungpinang, Zamanis menuturkan, siswa terbaik di O2SN tingkat Kota Tanjungpinang akan dipilih mewakili Tanjungpinang ikut ke tingkat provinsi yang direncanakan, 7-10 Mei mendatang.

Para siswa utusan Tanjungpinang nantinya mengikuti latihan gabungan, yang dilaksanakan para pelatih selama seminggu sebelum bertanding di O2SN tingkat Provinsi Kepri.

Ia menuturkan, pengalaman tahun-tahun lalu, ada beberapa atlit Tanjungpinang yang terpilih mengwakili Kepri mengikuti O2SN tingkat nasional. Bahkan ada yang berhasil mengharumkan nama daerah karena berhasil menjadi juara.

Baca Juga :  Pemko Bikin Perwako Tamu Wajib Nginap

“Kita tak perlu ragu dengan kemampuan siswa. Bahkan dua tahun lalu atlit silat kita juara tiga tingkat nasional. Kita berharap tahun ini juga ada yang juara dari berbagai cabor yang ada,” ungkapnya.

Ditambahkannya, terkait jadwal dan lokasi pertandingan akan diinformasikan setelah selesai technical meeting. “Kita menunggu hasil TM yang dilaksanakan anggota FGO. Senin sudah fix jadwal cabor yang akan dipertandingkan dan lokasinya dimana saja,” tuturnya.

Kepala Dispora Tanjungpinang, Djasman  menuturkan,  kegiatan O2SN dapat  membangun karakter unggul para siswa melalui kegiatan olahraga pendidikan. Para peserta akan menunjukkan kemampuan mereka yang terbaik. Sehingga melalui prestasi yang dimiliki, mampu mengantarkan siswa menjadi lebih baik di bawah pembinaan para guru-guru olahraga.

Ia juga mengharapkan, setiap cabor yang dipertandingkan di tingkat nasional dapat menjadi program ekstrakurikuler unggulan seluruh sekolah mulai jenjang  SD maupun SMP di Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Tak Boleh Lagi Bayar Tilang Pakai Uang Tunai

Ini dinilai penting, setelah menjadi ekskul unggulan, para pelajar dapat lebih mengembangkan bakat mereka dan berlatih secara rutin. Sehingga, saat mengikuti O2SN tahun depan, para pelajar yang terpilih sudah lebih siap dalam mengikuti seluruh cabor yang diperlombakan.

Ini juga sebagai wadah pengembangan atlit-atlit pelajar berprestasi yang bisa mengharumkan nama daerah melalui sekolah.

“Beberapa sekolah sudah memiliki eskul berbagai cabor ini. Bahkan ada yang sampai mendatangkan pelatih dari luar sekolah. Mudah-mudahan ini menjadi  kegiatan yang terus berkelanjutan untuk menghasilkan atlit terbaik,” tuturnya. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here