Selayaknya, Pengelola Arsip Diberikan Tunjangan seperti PPTK

0
508
BIMTEK PENGARSIPAN: Plt Sekda Bintan Adi Prihantara didampingi Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Edi Pribadi memberikan pengarahan, saat membuka bimtek pengarsipan di Hermes Agro Resort & Convention, Kamis (6/5). F-ISTIMEWA/humas pemkab bintan

BINTAN – Aparatur pemerintah di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib menyelamatkan arsip atau berkas kedinasan, yang merupakan dokumen negara.

Justru itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bintan memberikan bimbingan teknis terhadap 76 aparatur pengelola arsip se-Kabupaten Bintan, di Hotel Hermes Agro Km 25, Kamis (6/4) kemarin.

Pada saat pembukaan bimtek, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Bintan Edi Pribadi menyampaikan, bimtek ini merupakan satu tugas dan fungsi pokok di lembaga kearsipan, yang meliputi fungsi layanan dan pembinaan.

Tujuannya, agar lebih memahami tata cara penyusunan serta pembinaan kearsipan. Narasumber yang dihadir untuk memberikan bimtek itu yaitu Sri Martini, dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

”Aparatur wajib menyelamatkan arsip lembaga pemerintah, yang notabene milik negara. Peranan dan fungsi seorang pengelola arsip itu, tidak kalah penting dengan pengelola lainnya seperti PPTK,” kata Edi Pribadi, usai pembukaan bimtek pengelolaan arsip.

Arsip merupakan dokumen yang bisa merekam dan menjadi alat bukti otentik, terutama bila suatu saat terjadi masalah hukum. Arsip harus dikelola sebaik mungkin. Seorang pejabat yang mengelola arsip sebaiknya juga diberikan tunjangan, agar bisa dijadikan motivasi agar lebih serius dalam menangani kearsipan.

”Kegiatan ini merupakan tahapan pembinaan kearsipan ke semua pengelola kearsipan. Bimtek ini meliputi penyusunan arsip, dengan cara pembinaan arsip,” ujarnya.

Plt Sekda Bintan Adi Prihantara saat membuka kegiatan mengatakan, bimtek ini sebagai upaya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kearsipan menjadi satu sentral dalam membangun peradaban manusia (sejarah), dan menciptakan suatu tata kelola pemerintahan yang bersih. Aparatur diharuskan mampu mengatur, menyimpan, merawat dan menyediakan informasi yang diperlukan secara tepat, cepat dan benar. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here