Seluruh Desa Ikuti Bursa Inovasi

0
99
BUPATI Karimun Aunur Rafiq membuka Bursa Inovasi Desa tahun 2018 dengan memukul gong, Kamis (25/10) di Halaman Rumah Dinas Bupati. f-istimewa

KARIMUN – Seluruh kepala desa (kades) se-Kabupaten Karimun, Kamis (26/10) mengikuti Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 yang bertempat di Halaman Rumah Dinas Bupati Karimun.

Kegitan bursa inovasi Desa, dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Karimun dipandu Tim Program Inovasi Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Pada bursa inovasi desa ini, terlihat masing-masing Kepala Desa memaparkan inovasi dibidang infrastruktur, kewirausahaan dan sumber daya manusia pada setiap Desa. Desa lain, juga dapat membuat inovasi yang lainnya.

Rafiq meminta, agar seluruh kades dapat mengikuti inovasi yang dibuat desa lain. Tujuan dari kegiatan ini adalah, untuk saling berbagi inovasi antardesa. Sehingga, semua desa dapat maju dan sejahtera. Sementara untuk inovasi disesuaikan dengan kondisi desa dan kemampuannya.

”Maksud dan tujuan dari kegiatan ini, dalam rangka meningkatkan potensi desa. Melalui penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD), serta Dana Desa (DD) Pemanfaatan kedua sumber dana tersebut. Telah menunjukkan kemajuan di Desa. Perlu peningkatan di bidang inovasi,” terang Rafiq.

Pada tahun 2018, total ADD dan DD di 42 Desa Kabupaten Karimun mencapai Rp84 miliar. Dengan jumlah anggaran yang besa, tentunya diharapkan desa mampu melahirkan inovasi baru diberbagai bidang serta memajuan perekonomian masyarakatnya.

Menurut Rafiq, dengan memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tentunya, segala bentuk program pemberdayaan ekonomi dapat dijalankan dan berkembang melalui potensi desanya.

”Aparatur desa juga sangat terbantu, dengan bantuan dari TP4D (Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintah Pembangunan Daerah) dalam menggunakan anggaran ADD dan DD,” jelas Rafiq. (yon)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here