Seluruh Dosen UMRAH Saling Memaafkan

0
823
SEGENAP civitas akademi UMRAH saling bersalaman dalam momen halabihalal Idul Fitri 1439 H di Auditorium Kampus UMRAH di Dompak.F-istimewa

DOMPAK – Universitas Maritim Raja Ali Haji (URAH) Tanjungpinang menggelar halalbihalal di hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama Lebaran 1439 Hijriah, Kamis (21/6) di Auditorium Kampus Dompak.

Kegiatan ini diikuti oleh segenap dosen dan tenaga kependidikan. Sedangkan mahasiswa tidak ikut karena sedang libur semester. ”Selamat datang kembali di UMRAH. Mari kita semua berazam untuk membangun URAH menjadi institusi terbaik yang bisa dibanggakan” ujar Rektor UMRAH, Prof. Syafsir Akhlus dalam sambutannya.

Acara halalbilhalal keluarga besar UMRAH ini diisi tausyiah oleh Ustad Rizaldi Siregar yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan UMRAH. Dalam tausyahnya ustad Rizaldi membahas tentang makna halalbihalal.

Baca Juga :  Pangarmabar Ajak Mahasiswa Wujudkan Poros Maritim Dunia

Menurut Ust. Rizaldi, halallbihalal bermakna silaturahim. Momen halalbihalal ini, lanjutnya, hendaklah dijadikan momen untuk membuka lembaran baru.

”Inti dari halalbihalal adalah menghabiskan segala kesalahan yang telah lalu dengan memaafkan dan memberi maaf. Lembar yang lama ditinggalkan, membuka lembaran baru, lets gone by gone,” ujar Ust. Rizaldi.

Ust. Rizaldi juga mengingatkan agar ketika bersalaman untuk maaf-memaafkan, harus saling bertatapan. ”Anjuran agama kalau bersalaman harus bertemu dan bertatap muka, orang kita ni kadang-kadang kalau salam tu tak bertegur muka dan sapa” ujar Ust. Rizaldi Siregar.

Baca Juga :  Air Terjun Sarana Penelitian Bagi Mahasiswa

Sekadar diketahui, Universitas Maritim Raja Ali Haji merupakan salah satu universitas termuda di negeri ini yang memiliki nilai strategis bagi wilayah dimana ia bertempat, Provinsi Kepri.

Tidak cuma bagi Kepri sendiri, namun juga bagi Indonesia di wilayah barat. Karena kampus ini terletak di garis depan negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan riau-lingga.

UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No.124/D/O/2007 di Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Ajak Mahasiswa Lebih Kritis & Kreatif

Dalam perkembangannya, UMRAH yang kini telah disahkan menjadi universitas negeri pertama Kepri berdasarkan Perpres No.53 tahun 2011 ini bercita-cita untuk tumbuh dan terus berkembang dalam menghasilkan lulusan yang Cerdas, Madani, dan Transformatif. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here