Sembako Cukup, Arus Mudik Aman

0
53
TINJAU: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat meninjau salah satu pedagang beras di Tanjungpinang, kemarin. f-IST/HUMAS PEMPROV KEPRI

Gubernur Sidak Jelang Natal dan Tahun Baru

Untuk memastikan sembako dan arus mudik aman menjelang Natal dan tahun baru, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melakukan sidak.

TANJUNGPINANG – Selain sembako, arus balik juga harus aman dan penumpang yang menggunakan jasa angkutan mendapat layanan yang baik.

”Kita pastikan sembako cukup dan harga stabil. Kepada instansi terkait juga terus kawal dan pantau ketersediaan ini agar tidak terjadi kekurangan di pertengahan jalan dan jika terjadi kendala segera dilaporkan,” kata Nurdin di sela-sela Rakernas Kadin yang diselenggarakan di Hotel Radison, Batam, Kamis (14/12).

Nurdin menyampaikan hal itu karena sehari sebelumnya, Rabu (13/12) petang, dirinya melakukan inspeksi ke sejumlah gudang sembako, Bulog dan Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Nurdin mengatakan, tujuan kedatangannya ke gudang beras Batu 7 dan Gudang Bulog di Batu 5 Tanjungpinang untuk memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok di saat akhir tahun dapat terjaga dan sanggup mencukupi kebutuhan masyarakat.

Di gudang Bulog, Nurdin mendapat kepastian bahwa saat ini gudang Bulog menampung sebanyak total 1.500 ton beras kemudian persediaan gula sebanyak 500 ton dan minyak goreng sebanyak 2.000 liter.

Dari stok yang ada saat ini dapat diperkirakan mampu bertahan hingga 5 bulan ke depan. Sementara untuk minyak goreng sendiri masih akan terus dikirim ke Tanjungpinang.

Setelah melakukan peninjauan tersebut, Nurdin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa keberadaan sembako dipastikan aman dengan harga yang stabil sembari berpesan kepada instansi terkait untuk terus memantau ketersediaan bahan pangan tersebut.

Di Pelabuhan Sri Bintan Nurdin memastikan agar ada kenyamanan bagi masyarakat yang akan mudik. Apalagi Kepri sebagai daerah kepulauan yang pelabuhan merupakan salah satu unsur yang harus diperhatikan dalam mewujudkan kenyamanan tersebut.

”Beri sanksi tegas kepada pihak kapal yang tetap berlayar jika kondisi muatan melebihi batas dan kondisi alam yang tidak memungkinkan,” pesan Nurdin mengingat akhir tahun keadaan laut sedang dalam kondisi yang tidak stabil.

Kenyamanan tersebut harus pula dihadirkan mengingat keadaan pelabuhan SBP yang sedang dalam tahap renovasi namun tetap aktif digunakan untuk arus mudik.

”Tolong diperhatikan keselamatan masyarakat dan pekerja di sekitaran pembangunan pelabuhan jangan sampai ada kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa,” pesan Nurdin lagi kepada para pekerja renovasi pelabuhan.(SUHARDI-MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here