Sembako Murah Jadi Rebutan

0
788
Warga antre saat akan membeli sembako murah yang digelar Disperindagin, kemarin.f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Warga antre untuk membeli sembako murah di Komplek Ruko Griya Surya Indah di Jalan Bandara Baru, Kelurahan Pinang Kencana, Senin (21/5). Warga cukup membayar Rp76.500 warga sudah bisa membawa pulang satu paket sembako. Isinya, tiga kilogram gula pasir, dua kilo tepung, dua liter minyak goreng 2, dan satu papan telur (isi 30 butir). Kalau di pasaran, harga tersebut mencapai Rp114 ribu.

Operasi pasar murah Ramadan akan berakhir Jumat (25/5). Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjungpinang mendistribukan sembako murah di 11 lokasi, tersebar di 18 kelurahan di Tanjung pinang. Hari pertama operasi pasar murah Ramadan, diresmikan langsung oleh Penjab Wako Raja Ariza di di Komplek Ruko Griya Surya Indah berada di Jalan Bandara Baru, Kelurahan Pinang Kencana.

Baca Juga :  Akhir Bulan, APBD-P Disahkan

Sebelum operasi pasar murah digelar, warga sudah duluan antre. Warga yang boleh membeli sembako murah adalah warga yang menerima kupon dari pihak kelurahan. Tidak semua warga bisa mendapatkan sembako murah. Tidak memegang kupon sembako murah dari kelurahan, warga tidak bisa membeli sembako murah tersebut. Raja Ariza mengatakan Pemko Tanjungpinang menjadi sorotan masyarakat atas terjadinya kenaikan beberapa harga bahan kebutuhan pokok.

Namun, Pemko Tanjungpinang melalui kegiatan operasi pasar murah melakukan intervensi harga pasar khususnya pada komoditi telur, tepung, gula dan minyak goreng.

Pemerintah pusat telah mengeluarkan harga eceran tertinggi (HET) tiga komoditi oleh KementErian Perdagangan RI melalui surat edaran ke setiap daerah se-Provinsi di Indonesia termasuk Kepri. Tiga komoditi tersebut diantaranya, daging beku Rp 80 ribu per kilo, minyak goreng Rp 11 ribu serta gula pasir Rp 12.500 per kilo. Harga tiga komoditi tersebut tidak boleh diatas HET. ”Pasar murah ini, hanya untuk membantu masyarakat untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok dengan harga murah,” ucap Raja Ariza.

Baca Juga :  Maret, Kawasan Kumuh Mulai Ditata

Setelah pasar murah Ramadan ini, lanjut Raja, Pemko Tanjungpinang masih menyimpan agenda lain yang juga ditujukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Yaitu pembagian paket sembako secara gratis kepada rumah tangga sasaran penerima manfaat Rastra.

”Mudah-mudahan paket sembako yang kita jual bermanfaat ke masyarakat menjelang lebaran nanti,” harapnya. Sementara itu, Plt Kepala Disperdagin Kota Tanjungpinang, Samsudi mengatakan, Disperdagin Kota Tanjungpinang telah menyiapkan 6000 paket sembako. ”Kita jual Rp 76.500 per paket sembako,” kata Samsudi. Harga per paket sembako yang ditawarkan ke masyarakat terbilang murah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Baca Juga :  Disperindag Minta Pangkas Waktu Dwelling Time

Pasalnya, kalau dihitung secara keseluruhan di dalam satu paket sembako sebesar Rp114 ribu. Pemko Tanjungpinang memberikan subsidi sembako kepada masyarakat sebesar Rp 37.500 per paket sembako. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here