Sembako Murah Jaga Inflasi Stabil

0
39
RUDI ketika membagikan sembako f-istimewa pemko batam

BATAM – Penyaluran sembako murah Batam saat ini, diharap dapat membantu, masyarakat menjelang Pemilu dan menjelang bulan puasa. Sehingga situasi masyarakat juga lebih kondusif. Lebih dari itu, pembagian sembako saat ini diharapkan dapat menjaga inflasi di Batam lebih stabil. Penyaluran juga sudah dirapatkan dengan Kementerian Perdagangan sebelumnya.

”Sembako murah ini kita lelang dan diharapkan dapat membantu masyarakat,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Senin (8/4) di Batam.

Diakui, rapat dengan kementerian akhir bulan lalu juga mengingatkan agar menjelang Idul Fitri, ketersediaan pangan di masyarakat, benar-benar diupayakan. Sehingga diminta agar tidak dipolitisir. ”Malah kami mengingatkan saat penyaluran sembako, agar dijaga pemilu berjalan kondusif,” harapnya.

Terkait dengan sembako ini, Kepala Bank Indonesia (BI) Kepri, Fadjar Majardi meminta agar April 2019 ini, diwaspadai risiko inflasi. Diperkirakann risiko pendorong inflasi di Kepri di antaranya, potensi kenaikan harga bahan pangan serta peningkatan permintaan masyarakat menjelang Ramadhan.

”Itu yang dapat memicu inflasi pada kelompok bahan makanan,” kata Fadjar.

Menurutnya, tarif angkutan udara masih dalam tingkat harga yang tinggi dan berpotensi untuk kembali meningkat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Terutama dikarenakan peningkatan permintaan sehingga diperkirakan mendorong inflasi pada kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan.

”Peningkatan ekspektasi inflasi pedagang dan konsumen menjelang Ramadhan. Berakhirnya periode panen beberapa komoditas bahan pangan strategis seperti beras, cabai merah dan bawang merah diperkirakan dapat memicu peningkatan inflasi kelompok bahan makanan,” sebutnya.

Selain itu, potensi inflasi dipengaruhi Pemilu. Namun diperkirakan terbatas. Selain itu, perlu diwaspadai trend peningkatan harga minyak dunia yang berpotensi mendorong pemerintah untuk menyesuaikan harga BBM terutama non-subsidi.

”Kita akan upaya pengendalian inflasi tahun 2019. Tapi lebih difokuskan pada mitigasi risiko inflasi menjelang Ramadhan,” harap dia. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here