Sembilan Bulan, Investasi Masuk Rp 9,95 T

0
780
SERIUS: Karyawan perusahaan elektronik bekerja serius, belum lama ini. Investasi industri di Batam makin membaik. f-jendaras/tanjungpinang pos

BATAM – Sejak layanan izin investasi tiga jam (I23J) dan fasilitas KILK (Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi) diterapkan di Batam, jumlah investasi yang masuk tahun 2017 ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan data dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, pertumbuhan investasi di Batam baik melalui I23J dan yang reguler sepanjang Januari-September 2017 meningkat tajam.

Investasi di Batam tumbuh dari 430 juta dolar Amerika Serikat tahun 2016 menjadi 765,7 juta dolar AS tahun 2017 atau sekitar Rp 9,95 triliun.

Data perkembangan investasi Januari hingga September 2017 itu diungkapkan, Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomor Andi Antono, Senin (9/10). ”Itu data perkembangan realisasi investasi untuk izin usaha dari penanam modal asing di Batam,” ungkap Andi, kemarin.

Baca Juga :  350 Pelamar CPNS UMRAH Lulus Administrasi

Andi pun membeberkan perbandingan data tahun 2016 dan 2017 pada periode yang sama. Pada tahun 2016, jumlah investasi yang masuk sekitar 430,36 juta dolar AS. Nilai investasi itu diperoleh dari sekitar 58 proyek. Sementara pada tahun 2017 yang masuk ada 61 proyek. ”Nilai investasi 765,7 juta dolar AS. Itu yang tahun 2017 termasuk yang masuk melalui I23J,” imbuh Andi.

Perusahaan yang investasi itu termasuk perusahaan lama yang melakukan perluasan usaha. ”Ada perusahaan baru, tapi tidak pakai I23J. Melalui prosedur biasa, bukan yang 3 jam,” kata Andi.

Dengan pertumbuhan investasi yang signifikan setelah diberlakukan KILK dan I23J, Andi menilai jika kepercayaan investor tetap tinggi. ”Pertumbuhan dibanding tahun lalu, nilainya sekitar 78 persen. Sinyal-sinyal investasi positif. Tapi tetap perlu dukungan semua pihak untuk menjaga kondisi yang mulai membaik ini,” harapnya.

Baca Juga :  Trafficking dan KDRT Mendominasi

Andi juga mengajak dan mengimbau buruh, agar lebih memilih musyawarah dan menghindari gangguan pada alur produksi perusahaan jika ada permasalahan atau jika ada tuntutan buruh terhadap perusahaan.

”Kalau ada perselisihan ketenagakerjaan, kita minta diselesaikan dengan musyawarah. Hindari terganggunya alur produksi. Minta pilih win win solution,” imbuh Andi.

Sebelumnya, hingga Agustus 2017 dari 13 perusahaan asing yang masuk memanfaatkan fasilitas KILK dan I23J, sudah lima yang beroperasi.

Perusahaan itu adalah PT. Blackmagic Design Manufactur, PT Magnum Teknologi, PT. Infocus Consumer International Indonesia, PT Asus Teknologi Indonesia dan PT Indo Kreasi Grafika.

Baca Juga :  Hari Ini, 29.150 Siswa SMP/MTS Ikut UN

Selain perusahaan itu, peminat KILK dan I23J yang sudah melapor ke BP Batam, ada PT GMF Aero Asia, PT Feen Marine, KPJ Johor Specialist Hospital, KOH Brothers, 1-Net, PT Googwood Investama, Tsuneishi Shipbuilding, Fagioli Indonesia, Citra Fagioli, Ebiotech Advance indonesia, PT Restell Industry Indonesia dan satu lagi perusahaan asal Malaysia.

Selain itu ada empat perusahaan yang mengajukan perluasan seperti PT Schneider, PT WIK, Cladtex dan Green Struck. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here