Semenisasi TPU Batu 15 Dilanjutkan

0
714
Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Reni SE

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang melanjutkan semenisasi beberapa ruas di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Batu 15, Kelurahan Air Raja tahun 2019.

Tahun ini, dinas tersebut juga mengerjakan beberapa row jalan di lokasi yang sama.

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Reni mengatakan, semenisasi tersebut sangat diperlukan karena setiap saat banyak warga yang datang ke sana baik untuk ziarah maupun saat ada pemakaman.

”TPU memang perlu terus diperhatikan sebagai bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang bersentuhan langsung,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (27/12) yang terus konsen melakukan koordinasi pembenahan.
Dituturkannya, kondisi TPU Batu 15 diyakini sudah lebih baik setelah jalan utamanya diaspal 2017 lalu. Dilanjutkan dengan pekerjaan seminisasi di dalam TPU agar tidak becek saat ada keluarga duka yang melakukan prosesi pemakaman ataupun ziarah.

Reni menuturkan, pekerjaan semenisasi di kawasan itu dilakukan secara bertahap, sesuai kemampuan anggaran. Sebelumnya dialokasikan Rp200 juta yang diperkirakan tahun depan juga sama.

Pekerjaan yang dilaksanakan di TPU tersebut yaitu, baru sebatas seminisasi beberapa baris atau row kawasan TPU untuk nasrani. Ditambah dengan semenisasi jalan menuju TPU serta pembuatan batu miring.

Pekerjaan ini belum menyelesaikan seluruh kebutuhan, dari anggaran yang tersedia baru seminisasi beberapa baris kawasan yang sudah digunakan untuk pemakaman.

Kabid Pertamanan, Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang, Yoni Fandri menuturkan, pembenahan TPU Batu 15 sudah harus dilakukan.

Di TPU tersebut ada pemakaman untuk yang nasrani dan muslim. Untuk tahap pertama, semenisasi di TPU yang nasrani karena sudah sangat dibutuhkan.
Sebab TPU Batu 7 untuk nasrani sudah penuh.
Sedangkan di TPU yang muslim, semenisasi akan dilakukan setelah ini karena masih bisa menggunakan beberapa TPU yang ada di tempat lain.
”Saat ini, semenisasi TPU untuk agama nasrani yang sangat dibutuhkan, jadi perlu segera dibenahi. Menyusul nantinya untuk pemakaman yang beragama Islam,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pembenahan TPU Buddha sudah lebih baik, karena dikelola yayasan terkait. Ia menuturkan, untuk mensemenisasi seluruh kawasan membutuhkan dana yang besar, meski demikian akan diusulkan secara bertahap. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here