Semoga Kursi Sekolah Cukup!

0
815

PPDB SMP Sudah Dimulai

BATAM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Batam sudah dimulai. Pesertanya membludak. Namun para orang tua siswa, lebih banyak memilih sistem offline. Umumnyamereka berdoa semoga kursi sekolah cukup. Mereka memadati areal PPDB yang dibuka seperti di SMP 26 Batam di Batuaji. Namun saat PPDB berjalan, para orang tua mengeluhkan pertimbangan untuk diterima, pihak sekolah berdasarkan nilai mulai kelas IV.

Menurut salah seorang ibu yang mendaftarkan anaknya ke SMP 26 Batam, Senin (5/6). Dia menilai, nilai kelas IV anak, masih kurang memadai, karena rata-rata anak saat itu lebih banyak bermain. ”Kalau sudah kelas V dan VI, baru mulai serius belajar, untuk menghadapi UN. Harusnya nilai rata-rata kelas IV sampai kelas VI. Kalau seperti ini, tidak masuk akal,” cetusnya.

Baca Juga :  Telkomsel Siap Layani Kebutuhan Natal dan Tahun Baru

Orang tua siswa lain, Ratna menyatakan hal senada. Dia menilai, pihak sekolah di SMP 26 seperti tidak menghargai nilai kelas VI. Termaksud capaian siswa yang sudah lulus hingga bisa mendaftar di SMP. ”Ini peraturannya beda. Tidak menganggap nilai kelas VI. Malah nilai kelas IV. Aneh saja,” sesalnya.

Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin mengatakan, seharusnya pendaftaran secara offline di sekolah tidak banyak lagi. ”Seharusnya sudah sistem online. Seperti di SMP 3, kasihan kalau sistem offline. Ini perlu pemahaman orang tua. Apakah sosialisasi yang minim atau bagaimana. Apa lagi sistem online sudah kita lakukan 6 tahun. Dulu kita buka di mal. Tapi udah ada yang mendaftar dengan sistem online. SD 006 di Sekupang juga sudah sistem online,” katanya.

Baca Juga :  48 Ribu Sertifikat Tanah Digratiskan

Muslim juga mengungkapkan recana pihaknya untuk menambah satu sekolah unggulan tiap tahun. Setidaknya diharapkan tiap tingkatan ada satu sekolah yang jadi sekolah unggulan tiap tahun. Sehingga sekolah unggulan yang ada saat ini tidak selalu membludak. Dimana, untuk menjadi sekolah unggulan, diperlukan dukungan fasilita sekolah.

”Kalau bisa, tiap kecamatan ada sekolah unggulan. Kesiapan guru untuk sekolah yang unggul, manajemen, profil dan fasilitas sekolah. Kita upayakan bersama komisi IV, ada tambahan sekolah unggulan,” harap Muslim.

Sementara ditempat berbeda, Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan, kondisi membludak pendaftar pada sekolah negeri hari itu, karena yang diterima lewat sistem online, minim. Rudi sendiri mengaku baru tahu kalau penerimaan siswa sudah dimulai hari itu.

Baca Juga :  ATB Lakukan Pekerjaan Interkoneksi Pipa Transmisi

”Ada hari ini ya? Saya tidak tahu. Sudah ya? Tapi membludak penerimaan, karena di online yang diterima 10, yang mendaftar 1000 orang,” kata Rudi.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here