Senempek Tak Ada Sinyal Komunikasi

0
84
SALAH satu tower telekomunikasi milik Telkomsel di Lingga. f-DOKUMENTASI/TANJUNGPINANG POS

Letak geografis Lingga yang terdiri dari pulau-pulau, dengan jarak tempuh yang jauh dari pusat ekonomi dan keramaian menyebabkan banyak wilayah yang tidak tersentuh jaringan komunikasi yang memadai seperti Desa Senempek.

LINGGA – Kabupaten yang berjuluk Bunda Tanah Melayu ini, tidak mendapatkan akses telekomunikasi yang memadai dibeberapa daerahnya. Alasan tidak kompetitif, menjadi alasan operator seluler memasang tower di daerah tersebut.

Dampak dari itu, warga yang tidak terlayani jaringan menjadi terbelakang dan tertinggal. Hal ini lah yang dirasakan warga Dusun Senempek, Desa Limbung Kecamatan Lingga Utara.

”Di Senempek warga sangat mendambakan adanya akses telekomunikasi. Berbagai upaya sudah dilakukan, namun hingga saat ini belum juga terealisasi. Pihak operator seluler belum bisa memasang tower dengan alasan akan merugi,” kata Rian, salah seorang warga dan juga aktivis, kemarin.

Bersama warga lainnya, ia mengungkapkan, masyarakat pernah melakukan konsultasi dengan instansi yerkait di Pemkab Lingga dan menjembati ke salah satu operator seluler. Namun upaya tersebut mendapatkan fakta, bahwa dusun Senempek tidak termasuk daerah yang diusulkan.

Selain itu, keinginan warga Senempek untuk menikmati jaringan telekomunikasi sangat besar. Akses telekomunikasi diyakini, dapat mempercepat peningkatan ekonomi warga dengan memprmudah warga mendapatkan informasi.

”Saat ini hanya untuk mencsri kabar keluarga, warga harus pergi pukuhan kilo untuk mendapatkan sinyal,” ucapnya. Dia berharap, Pemkab Lingga bisa memberikan solusi agar operator seluler bisa membangun tower di Senempek. (TENGKU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here