Seorang Ibu Dibantu Rp 1,5 Juta untuk Tanam Sayur

0
460
KETUA PKK Bintan Hj Deby Apri Sujadi bersilaturahmi dengan kelompok wanita tani, di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Bintan, Senin (19/3) kemarin.F-yendi/TANJUNGPINANG POS

PKK Gelar Pelatihan Optimalisasi Lahan Pekarangan

KIJANG – Tim Penggerak PKK Bintan bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan, kembali melakukan upaya optimalisasi pemanfaatan pekarangan berbasis program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Program ini ditujukan kepada kelompok kaum ibu dalam mengelola pekarangannya. Satu orang ibu dibantu Rp 1,5 juta.

Sebelum diberi bantuan, PKK dan DKP Bintan memberikan pelatihan optimalisasi lahan pekarangan dengan konsep KRPL, di aula Kantor DKP Bintan Km 18, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Senin (19/3) pagi kemarin.

Ketua TP PKK Bintan Hj Deby Maryanti Apri mengungkapkan, pelatihan tersebut untuk membantu peningkatan perekonomian keluarga, dengan cara mengoptimalisasi pemanfaatan pekarangan, melalui konsep Rumah Pangan Lestari (RPL). Seratusan kaum ibu yang mengikuti pelatihan ini berasal dari Kelompok Wanita Tani (KWT) dan kader PKK tingkat kelurahan/desa. Para peserta diberikan bimbingan, serta bantuan bibit sayur-mayur.

Baca Juga :  Bupati Cari Lahan Pembangunan TPI

”Kita memberikan pelatihan dan bantuan kepada para Ibu-ibu KWT dan kader PKK, untuk menjadi mesin penggerak dan pelopor dalam pemanfaatan pekarangan rumah. Sehingga bisa mengurangi beban keluarga,” ujarnya.

Menurut Hj Deby Maryanti, program RPL bersinergi dengan program Hatinya PKK. Setiap Maret, PKK akan mengunjungi setiap lokasi pengembangan program RPL dan Hatinya PKK. ”Karena, aktivitas ini kita lombakan. Bagi pemenang, diberikan hadiah,” ujar Deby.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bintan Khairul mengatakan, tahun 2018 ini, pemerintah pusat mengucurkan bantuan Rp 250 juta. Bantuan untuk pengadaan bibit sayur-mayur ini diberikan kepada 5 Kelompok Wanita Tani (KWT). Satu kelompok terdiri dari 30 orang kaum ibu. Masing-masing kelompok diberikan bantuan Rp 50 juta.

Baca Juga :  Alkes di RSUD Bintan Makin Canggih

”Satu orang ibu dapat lah bantuan Rp 1,5 juta. Bantuan ini, untuk modal usaha pekarangan, dengan menanam pelbagai jenis sayur,” sebut Khairul.

Khairul mengatakan, usaha pemanfaatan pekarangan itu terus dikelola dan berkelanjutan. Sehingga, kaum ibu bisa mendapatkan hasil dari pemanfaatan pekarangannya. Minimal, mampu memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga. Selain 5 kelompok tersebut, 30 KWT lainnya menerima bantuan 7 jenis bibit tanaman dan polybag. Bibit tanaman yang diberikan itu berupa cabai rawit, cabai besar, benih seledri, sawi, kangkung, tomat dan mentimun.

Baca Juga :  Bintan Masih Aman dari Cacar Monyet

”30 KWT penerima bibit berasal dari seluruh kecamatan di Bintan. Sedangkan 5 KWT, menerima bantuan bimbingan Rp 50 juta, yang langsung masuk ke rekening KWT,” jelas Khairul. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here