Sepasang Calon Diprediksi Tak Lolos

0
420
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali KOTA H Lis Darmansyah-Maya mendaftar di KPU Tanjungpinang. F-andri/tanjungpinang pos

Dari tiga pasangan calon yang maju di Pilkada Tanjungpinang 2018, diprediksi hanya dua yang lolos nanti yakni pasangan calon (paspol) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah-Maya Suryanti dan H Syahrul-Rahma.

TANJUNGPINANG – Hal ini disampaikan pengamat politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka. Kepada Tanjungpinang Pos, Endri mengatakan, hanya dua pasang kandidat itu yang akan lolos.

Ia memprediksi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang akan menetapkan dua pasangan tersebut menjadi Cawako-dan cawawako Tanjungpinang.

Menurut dia, balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang yang maju melalui jalur perseorangan, yakni Edy Safrani dan Edi Susanto bakal tidak bisa lolos.

Alasannya, masih ada kekurangan dukungan yang perlu dipenuhi kembali oleh paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang tersebut.

Informasi yang diterimanya, sampai saat ini, paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang perseorangan tersebut, belum menambah dokumen dukungan yang diminta oleh KPU Kota Tanjungpinang. Artinya, untuk menuju lolos dari balon ke calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, cukup berat.

”Saya rasa sudah tak ada peluang lagi untuk mereka penuhi syarat dokumen dukungan tersebut. Karena banyak lagi dokumen dukungan yang perlu dipenuhinya,” kata Endri.

Dengan gugurnya balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang perseorangan nanti, menurutnya, menjadi peluang besar yang harus dimanfaatkan dua paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, yakni H Lis Darmansyah-Maya Suryanti dan H Syahrul-Rahma untuk mendapat dukungan dari masyarakat.

Zaman ini, tegas Endri, sudah terbalik. Pilkada dulu, masyarakat yang mendekati calon kepala daerah tersebut. Siapa yang didekati, calon kepala daerah tersebut yang akan dipilih oleh masyarakat.

Kalau sekarang, calon kepala daerah tersebut harus datang hingga menghampiri masyarakat. Kalau sudah dihampiri, tergantung apakahmasyarakat akan memilih kepala daerah tersebut. ”Kondisi seperti ini yang saya lihat sampai saat ini,” ucap dia.

Memang, lanjut dia, dua paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah-Maya Suryanti dan H Syahrul-Rahma sudah menghampiri hingga mendekati masyarakat. Artinya, secara tidak langsung dua paslon itu sudah mengambil perhatian ke masyarakat.

Sampai saat ini, kata dia, elektabilitas H Lis Darmansyah yang paling bagus. Karena masyarakat menyebut Lis merakyat hingga peduli dengan masyarakat. ”Bisa jadi elektabilitas Pak Lis dikalahkan dengan Pak Syahrul,” terangnya.

Kalau sudah bicara elektabilitas, katanya, program kerja yang dimiliki calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang sudah tidak dipandang lagi oleh masyarakat. ”Karena zamannya sudah terbalik,” sebut dia.(MARTUNAS – ANDRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here