Sepekan, Pulau Bintan Bakal Diguyur Hujan

0
646
PENAMBANG jasa pompong tujuan pulau penyengat menyediakan life jacket bagi penumpang, saat cuaca buruk.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – MASYARAKAT perlu mewaspadai cuaca, saat ingin beraktivitas di luar rumah. Stasiun BMKG Tanjungpinang memperkirakan, cuaca di wilayah Provinsi Kepri khususnya Pulau Bintan termasuk Kota Tanjungpinang, berpotensi terjadi hujan selama sepekan ke depan.

Kepala Stasiun BMKG Tanjungpinang Dhira Utama mengatakan, kondisi cuaca di Bintan dan Tanjungpinang diperkirakan untuk sepekan ke depan, berpotensi terjadi hujan lokal pada siang hari.

”Dari tanggal 16 sampai dengan 22 April 2018, diperkirakan hujan pada siang hari,” katanya, Selasa (17/4) kemarin.

Baca Juga :  Warga Bangun Pos Kamling di Pelantar Mutiara

Namun, lanjut Dhira, Kamis (19/4) dan Jumat (20/4) lusa, berpotensi terjadinya hujan ringan hingga sedang, yang bersifat lokal. Mulai dari pagi, siang dan malam hari untuk wilayah Tanjungpinang.

”Waspadai potensi terjadinya hujan lokal, dengan intensitas ringan sedang, pada tanggal 19 dan 20 April ini,” sebutnya.

Dhira menjelaskan, prospek cuaca sepekan ke depan, dengan analisa aliran massa udara di Indonesia semakin didominasi oleh angin timur, yang meluas sampai Sumatra bagian tengah, yang mendukung pembentukan awan hujan. Suhu permukaan laut di perairan Pulau Bintan berkisaran antara 29 sampai dengan 31 celsius, dalam kondisi lebih hangat dari pada normal. ”Berarti dapat memicu giatnya konvektivitas,” jelasnya.

Baca Juga :  Ramai-ramai Pulang Kampung

Saat ini, angin masih tetap berhembus berkisar antara 5 sampai 30 kilometer per jam. Sedangkan untuk kelembapan di Tanjungpinang dan Bintan dari 65 sampai dengan 95 persen.

Tinggi gelombang di perairan laut Tanjungpinang, Batam, dan Karimun berkisar 0,2 sampai 0,5 meter. Di perairan laut Bintan dan Lingga berkisar 0,2 sampai 0,8 meter. Sedangkan perairan laut Anambas dan Natuna berkisar 0,5 sampai 1,3 meter. (RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here