Sepekan Setelah Putusan MK, Penetapan Caleg Terpilih

0
240
Haris Daulay

BINTAN – Sidang Mahkamah Konstitusi (MK) untuk dua gugatan dari Kabupaten Bintan, diperkirakan akan diputuskan, dalam kurun waktu 2 pekan mendatang. Sepekan setelah putusan MK ini, maka caleg terpilih untuk Kabupaten Bintan akan ditetapkan.

Haris Daulay, Komisioner KPU Bintan menyampaikan, sidang PHPU di MK diperkirakan, akan selesai 9 Agustus mendatang. Hingga saat ini, baru masuk sidang kedua, atau sidang mendengarkan saksi dan alat bukti.

”Kemarin, sudah sidang pembuktian (sidang kedua). Diperkirakan 9 Agustus baru selesai di MK,” kata Haris, Jumat (26/7) kemarin.

Setelah putusan MK, KPU lanjut Haris, diberikan waktu selambat-lambatnya 5 hari, untuk menyusun rapat pleno penetapan caleg terpilih periode 2019-2024.

”Sampai sejauh ini, kita masih menunggu (putusan MK). Setelah itu, baru bicara soal pleno penetapannya,” jelasnya.

Ada dua PHPU yang diajukan ke MK, yakni perselisihan hasil suara antara caleg PDI-P dan PKS di dapil 3 Bintan Timur. Kemudian, perselisihan antara caleg di internal Partai Golkar di dapil 3 Bintan Timur.

Meski penetapan caleg terpilih belum dilakukan, jauh-jauh hari prediksi komposisi jumlah kursi di DPRD Bintan (25 kursi) sudah dapat ditebak. Hanya ada 7 parpol yang lolos ke DPRD Bintan.

Ketua DPRD Bintan akan dijabat dari caleg terpilih Partai Demokrat, dengan raihan 8 kursi dari 4 dapil yang ada di Bintan. Kemudian, kursi Wakil Ketua I DPRD Bintan ditempati Partai Golkar dengan raihan 6 kursi. Selanjutnya, kursi Wakil Ketua II DPRD Bintan menjadi hak Partai NasDem dengan raihan 4 kursi. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here