Sepi Orderan, PT Sanmina Tutup

0
902
Rudi

Satu per satu perusahaan di Batam tutup. Informasi terbaru, PT Sanmina juga tutup. Perusahaan yang bergerak di bidang alat kesehatan rumah sakit ini tutup karena sepi orderan.

BATAM – MESKI demikian, pihak perusahaan tetap memberikan hak-hak karyawannya. Sekitar 300 karyawan yang sudah dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sudah diberikan pesangonnya. Sisanya direncanakan akan dibayarkan minggu depan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Rudi Sakerti, mengatakan, perusahaan itu sudah tidak beroperasi sejak 3 Oktober 2017. ”Mereka tidak memiliki oderan. Sepi orderan, jadinya mereka berhenti beroperasi,” kata Rudi, Jumat (6/10).

Rudi meminta, hak karyawan dapat dibayarkan sehingga tidak menimbulkan gejolak. ”Sekarang kan baru penyelesaian kewajiban PHK terhadap 300 orang karyawan. Sisanya akan dibayarkan pada hari Senin mendatang,” imbuhnya.

Ditanya jumlah perusahaan yang tutup tahun ini di Batam, diakui datanya ada di Pemprov Kepri (Disnaker). Namun penutupan perusahaan di Batam, lebih dikarenakan orderan sebagai dampak perekonomian global.

”Perusahaan tutup akibat sepinya order sehingga perusahaan mengalami kerugian dan berujung PHK,” imbuhnya.

Sementara Kasubdit Pelayanan dan Penanaman Modal PTSP BP Batam, Adi Sugiarto mengatakan, secara tertulis PT Sanmina belum menyampaikan penutupan operasi perusahaan itu. ”Kalau secara lisan, sudah disampaikan. Tapi secara tertulis, belum disampaikan,” ungkap Adi.

Kata dia, manajemen PT Sanmina mengakui masalah orderan yang sepi, hingga memutuskan menghentikan pengoperasian perusahaan itu. Sementara untuk pengurangan karyawan sudah dilakukan sejak dua tahun lalu.

”Mereka mengurangi karyawan sejak dua tahun lalu. Secara administrasi, sepertinya tidak ada masalah dengan karyawan,” bebernya. (MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here