Serapan APBD Pemprov Paling Minim

0
754
HADIRI ACARA: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun didampingi sejumlah Kepala OPD Pemprov saat menghadiri salah satu acara di di Tanjungpinang, belum lama ini. f-mazpram/humas Pemprov kepri

Gubernur Warning Para Kepala OPD

Serapan kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 Provinsi Kepri hingga kini masih belum berjalan maksimal. Bahkan, serapan APBD Pemprov paling lambat direalisasikan.

DOMPAK – Meski sudah masuk akhir Triwulan II, pelaksanan kegiatan fisik belum juga berjalan. Kegiatan-kegiatan tersebut masih dalam proses lelang. Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengaku kecewa dengan minimnya serapan kegiatan APBD meski sudah hampir masuk semester pertama tahun 2017.

Seharusnya, menurut Gubernur, memang pada Triwulan II ini tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah bisa melaksanakan proyek fisik dan lainnya. Namun, karena keterlambatan proses penyelesaian APBD 2017 lalu, maka berdampak pada penyerapan proyek dan kegiatan fisik.

Baca Juga :  Dishub Kepri Target Rp 6 Triliun dari Laut

”Saya juga merasa lambat. Ini pelajaran buat kita, agar tidak terulang ke depannya,” ungkapnya. Ia mengaku, untuk mempercepat proses kegiatan fisik tersebut, dirinya sudah menekan para Kepala OPD Provinsi Kepri agar tidak menunda-nunda pekerjaannya.

Bahkan, Gubernur juga sudah me-warning kepala OPD untuk menyelesaikannya dengan cepat. Sehingga, masyarakat bisa merasakan dampak dari pembangunan tersebut.
Mantan Bupati Karimun ini juga mengutarakan, agar keterlambatan APBD Kepri tahun 2017 menjadi pelajaran yang berarti. Hingga tidak terulang pada tahun berikutnya.

Baca Juga :  Perpani akan Laksanakan Lomba Memanah

”Oleh karena itu, saat ini kita juga sudah mulai membahas APBD-P. Nanti juga paralel dengan APBD 2018,” imbuh Gubernur. Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah menyebutkan, progres fisik dan administrasi penyerapan APBD Kepri 2017 Triwulan I hanya 23,04 persen.

Progres tersebut tergolong lambat, mengingat sudah akan masuk pada Triwulan II, masih banyak proyek yang berada pada proses lelang. ”Kalau untuk DED-nya rata-rata sudah selesai. Masih terkendala diproses lelang. Karena, pada tahap lelang memerlukan jangka waktu,” katanya.

Dikatakan Arif, dalam rapat evaluasi, Gubernur juga sudah mendesak para Kepala OPD untuk segera menggesa pelaksanan kegiatan pembangunan. Karena, dalam pelaksanaan penyerapan APBD 2017, Pemprov Kepri termasuk lambat. Hal ini disebabkan proses APBD 2017 yang selesai pada Maret lalu.

Baca Juga :  Gagal, Langsung Diberi Sanksi

Ia berharap, setiap OPD Kepri lebih giat menyiapkan dokumen percepatan kinerja.
”Dalam rapat evaluasi dengan OPD pun, suara Pak Gubernur sudah mulai tinggi juga memperingatkan para kepala OPD,” ujar Arif.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here