Serapan DAK Kepri Terbaik Kedua Nasional

0
472
BAHAS: Sekdaprov Kepri TS ARif Fadillah saat membahas serapan DAK Pemprov Kepri, baru-baru ini. f-IST/HUMAS PEMPROV KEPRI

DOMPAK- Pemprov Kepri meraih peringkat terbaik kedua nasional penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017. Terbaik pertama diraih Provinsi Kalimantan Selatan. Tahun 2017 Kepri mendapatkan Rp 664,468 miliar. Kemudian di tahun 2018, DAK fisik untuk Kepri adalah Rp 753,942 miliar. Artinya terjadi peningkatan Rp 89,474 miliar.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS. Arif Fadillah, kemarin. ”Penyerapan DAK di Kepri tergolong baik. Bahkan terbaik ke-II se-Indonesia. Capaian ini tidak lepas dari evaluasi secara berkala yang kita lakukan,” ujar Sekda Arif.

Sementara itu, Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Kepri ini menegaskan, tahun 2017 ada 70 bidang secara keseluruhan yang digunakan dari DAK. Sedangkan tahun 2018 ada 95 bidang kegiatan. ”Tahun depan tentu anggaran yang ada harus kita optimalkan penggunaannya,” paparnya.

Ditanya mengenai progres APBD Kepri 2018, mantan Sekda Karimun tersebut menjelaskan, APBD Kepri 2018 masih dikoreksi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Arif menargetkan penyerahan Daftar Isian Anggaran (DPA) APBD Kepri 2018 pada akhir Desember atau awal Januari nanti.

”Tadi kita sudah rapat dengan Badan Layanan Pengadaan untuk mempersiapkan lelang. Karena kerja kita harus berkelanjutan. Artinya tidak ada waktu yang terbuang,” tegas Arif.

Ditambahkannya, untuk penggunaan APBD 2017 progres fisiknya sudah pada angka 86 persen. Sementara keuangan berada di bawah capaian tersebut. Arif yakin, sampai akhir TA 2017 ini, secara keseluruhan capaian pada angka 95 persen. Disebutkannya, untuk beberapa pekerjaan fisik terus dikebut siang dan malam.

”Target kita adalah 95 persen. Makanya harus dioptimalkan waktu yang ada untuk mengejar target tersebut,” tutup Arif Fadillah. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here