Serapan Dana Desa Pongkar Capai 80 Persen

0
301

KARIMUN – DESA Pongkar yang mendapatkan Dana Desa (DD) Rp 853.165 juta. Ditambah Alokasi Dan Desa (ADD) melalui APBD 2017 sekitar Rp 384.941.300 juta. Total APBDes Desa Pongkar mencapai Rp 1.238.106.300.

Hingga kini, DD tersebut sudah terealisasi mencapai 80 persen. Dimana, penggunaannya atau dibelanjakan untuk bidang pemerintahan desa Rp 347 juta lebih. Kemudian, bidang pembangunan desa dari DD mencapai Rp 640 juta lebih dan sisanya untuk pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, juga sudah dialokasikan penyertaan modal BUMdes Rp 66.409.300 Juta. ”Sekarang sudah masuk ke tahap kedua. DD 70 persennya dipergunakan, untuk pembangunan infrastruktur seperti pembangunan drainase, semenisasi jalan, tunggul penahan tanah, batu miring dan sebagainya,’’ jelas Zahir, Kepala Desa Pongkar, Selasa (31/10).

Saat ini sudah memasuki tahap kedua yang melanjutkan pembangunan infrastruktur penyelesaian akhir. Dimana, ada beberapa bangunan yang tahap pertama sudah selesai 100 persen dan sisanya finishing di tahap kedua ini.

Sementara, dalam pemberdayaan masyarakat sudah dilakukan pelatihan Siskeudes, pelatihan pengurus Bumdes, pelatihan seni kerajinan tangan dan sebagainya. ”Nah, untuk penyertaan modal BUMdes sudah ada tahap pertama hanya Rp 66 juta lebih. Nanti akan ditambah lagi dan sekarang ini sedang membuat Peraturan Desa (Perdes) sebagai payung hukum dalam menjalankan BUMdes Pongkar,’’ tuturnya.

Dengan penyerapan anggaran DD dan ADD di Desa Pongkar, kata Zahir, yang sudah di atas 50 persen diyakini optimis nanti di penghujung akhir tahun 2017 sudah selesai semua baik infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat. Sehingga, pemanfaatan DD bagi Desa Pongkar bisa dinikmati langsung oleh masyarakat.

”Insya Allah, semuanya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Anda bisa lihat sendiri, infrastruktur yang tidak masuk di APBD Karimun bisa dibangun melalui DD,” ucapnya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here