Seribu KTP el Tak Bisa Dicetak

0
433
PETUGAS: Sejumlah patugas pelayanan Disdukcapil saat melakukan pelayanan di Kantor Disdukcapil Anambas. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Hingga kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas, tidak bisa mencetak seribu KTP-el. Sebagai gantinya, seribu warga wajib saat ini hanya memegang surat keterangan sebagai identitas. Kepala Disdukcapil Agus Basir mengatakan, Anambas tidak mengalami kekurangan blanko. Pasalnya, untuk saat ini blanko KTP sudah ada.

Jika terjadi kekurangan, maka pihaknya tinggal menambahkan blanko dari Pemerintah Pusat. Namun, yang menjadi masalah bukan karena kekurangan blanko. Tetapi adanya sejumlah permasalahan di tingkat pemerintah pusat, yang hingga kini masih belum terselesai.

”Dirjen Kependudukan hanya mengeluarkan surat edaran yang salah satu isinya yakni untuk pengurusan KTP baru tidak bisa dicetak. Sehingga, saat ini hanya bisa mendapatkan Surat Keterangan saja,” jelas Agus Basir, Selasa (19/9).

Surat keterangan, merupakan pengganti KTP yang berbentuk satu lembar kertas HVS. ”Seharusnya bentuknya satu lembar kertas, tetapi di Anambas dibentuk seperti KTP. Kita sudah meminta izin pemerintah pusat, boleh diubah asal tidak mengurangi isi keterangan tersebut,” ungkap Agus Basir.

Sedikitnya, di Anambas masih ada sekitar 1.000 pemegang surat keterangan. Hampir setiap hari, ada saja yang mengurus KTP baru. ”Setiap hari ada aja yang urus surat keterangan. Terkadang sampai 10 lembar lebih per hari,” terangnya.

Ia menambahkan, jika surat keterangan tersebut hanya berlaku untuk pengurus KTP baru saja. Seperti anak yang baru lulus sekolah, yang usianya baru menginjak 17 tahun. Tetapi, untuk orangtua yang sudah memiliki KTP sebelumnya kemudian ingin merubah status maka tidak menjadi masalah. Blanko KTP yang ada tetap dapat dipergunakan.

”Jika ada warga yang akan ganti status, seperti status lajang menjadi menikah maupun sebaliknya. Itu tetap bisa diurus, dan tetap mendapatkan KTP el. Jadi saya tekankan, jika surat keterangan itu hanya untuk kepengurusan KTP baru saja,” tukasnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here