Sering Banjir, Warga Harap Solusi

0
280
KEBUN: Kebun pisang milik Warga di Bukit Belah kerap banjir karena pendangkalan alur sungai. F-TENGKU/tanjungpinang pos

LINGGA – WARGA Desa Bukit Belah, Kecamatan Singkep Barat meminta Pemkab Lingga memberikan solusi atas banjir yang melanda kebun pisang milik masyarakat.

Banjir tersebut disebabkan, alur sungai yang berada di sekitar sawah dan kebun tidak dapat menampung air hujan. Hal ini disampaikan Kepala Desa Bukit Belah Eddy Sumantri, kemarin. ”Sebelumnya di wilayah tersebut tidak pernah banjir. Namun, karena alur sungai mulai dangkal dan hujan yang mengguyur beberapa hari belakangan cukup deras, sehingga membuat air sungai meluap dan menggenangi kebun masyarakat,” kata Eddy.

Ia menambahkan, tidak hanya menggenangi kebun pisang milik masyarakat, air juga membuat akses jalan terputus. Akibatnya, warga kesulitan untuk pergi ke kebun untuk melakukan aktivitas. ”Untuk jalan sudah kita timbun menggunakan dana desa, tapi air tetap tidak bisa terbendung karena anggaran kita terbatas,” ucapnya.

Anggota DPRD Lingga Neko Wesha Pawelloy yang memamantau lokasi banjir setelah mendapatkan informasi ini, mengaku prihatin atas kondisi ini. Ia berjanji akan langsung menyampaikan kepada instansi terkait untuk segera mencari solusi.

”Kita sudah sampaikan kepada pihak pemerintah untuk mencarikan solusi terhadap hal ini, karena ini menyangkut mata pencaharian masyarakat. Sehingga butuh solusi untuk mengatasinya,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here