Server Data CPNS Down

0
688
Peserta CPNS: Peserta CPNS Kemenkum HAM saat akan mengikuti ujian CAT di Hotel Comport, kemarin. f-suhardi/tanjungpinang pos

Kartu ujian peserta CPNS KemenkumHAM untuk penjaga tahanan tidak bisa dicetak di Hotel Comfort Tanjungpinang, Selasa (12/9). Padahal, kartu tanda peserta para ujian itu sudah diumumkan dicetak mulai kemarin.

TANJUNGPINANG – Sebelumnya, panitia menjanjikan akan mencetak 750 kartu ujian dulu untuk tahap pertama. Karena ada kerusakan server hingga ratusan peserta CPNS yang sudah memadati halaman Hotel Comfort Tanjungpinang, terpaksa pulang dan tidak mendapatkan kartu ujian yang sudah dijanjikan panitia.

Gangguan server itu diakui oleh Humas KemenkumHAM Provinsi Kepri, Rinto Gunawan kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (12/9). Menurut Rinto, kemarin merupakan hari pertama pencetakan kartu ujian untuk 750 peserta dari 4.068 pelamar formasi lulusan SMA. ”Mudah-mudahan besok (hari ini Rabu, red) server kita bisa kembali normal hingga bisa mencetak kartu ujian. Untuk calon peserta yang mestinya mendapatkan kartu ujian pada Selasa, terpaksa harus kembali lagi pada Sabtu (16/9) untuk mendapatkan kartu ujiannya,” kata Rinto Gunawan.

Kata Rinto, pencetakan kartu ujian ini direncanakan akan berlangsung sampai Sabtu (16/9) karena kartu itu tidak bisa dicetak sehari lantaran banyaknya peserta yang lulus adminsitrasi dan akan mengikuti ujian.
Pada penerimaan CPNS ini, Kemenkum HAM Kepri mendapat kuota penerimaan CPNS 562 orang yang akan ditugaskan sebagai penjaga tahanan yang tersebar di kabupaten dan kota di Provinsi Kepri.

Untuk pembagian kartu ini, sambung Rinto, panitia CPNS hanya membagikan kartu berdasarkan nomor urut untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Nomor urut itu, sebutnya sudah dilakukan verifikasi dokumen para pelamar. Ada sebanyak 4.068 pelamar mendaftar untuk menjadi penjaga tahanan dan sudah lulus adminsitrasi.

Pelamar CPNS KemenkumHAM ini, tidak hanya berasal dari Tanjungpinang dan Bintan saja. banyak juga tamatan sekolah dari luar daerah, seperti dari Pulau Jawa yang dan daerah lainnya di seluruh Indonesia ikut melamar untuk CPNS formasi menjaga tahanan di Kepri.

”Verifikasi pembagian nomor kartu ujian pelamar akan berakhir Sabtu mendatang. Setelah menerima kartu ujian, maka pelamar mesti mengikuti ujian yang waktunya akan diumumkan,” ucap dia.

Sementara itu, untuk formasi tingkat strata satu (S1) sampai kemarin masih melakukan ujian Computer Assisted Test (CAT) di Hotel Comfort Tanjungpinang, Selasa (12/9). Ujian CAT untuk sarjana penuh yang sedang berlangsung ini untuk mengisi formasi pegawai Imigrasi. Ujian CAT untuk S1, dijadwalkan akan berakhir, Kamis (14/9).

Untuk ujian CAT S1, sduah dimulai dari Senin (11/9) dan akan berakhir Kamis (14/9). Setiap harinya peserta yang bisa mengikuti ujian CAT ada 800 peserta. Sementara yang ikut formasi sarjana S1 dan D3 ada 2.789. Total peserta CPNS SMA, D3 dan S1 ada 6.857 orang. ”Alhamdulillah, ujian CAT ini tidak ada kendala,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here