Setahun, Bangun Jalan Sepanjang 21 Km

0
132
BUPATI Bintan H Apri Sujadi memverifikasi pengerjaan jalan Lintas Timur yang belum tuntas, belum lama ini.

Pemkab Bintan terus melakukan pembangunan dan pemeliharaan jalan di pelbagai lokasi di wilayah Kabupaten Bintan. Tahun 2019 lalu, kebih dari 21 kilometer jalan jangan dibangun.

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi menerangkan, hingga 4 tahun masa pemerintahan Apri- Dalmasri, setidaknya sudah membangun jalan sepanjang 74,80 kilometer. Khusus pada tahun anggaran 2019 lalu, jalan yang dibangun sepanjang 21,153 kilometer, dengan pengerasan jalan sepanjang 8,794 kilometer, serta pemeliharaan berkala mencapai 4,444 kilometer.

Untuk pekerjaan jalan Lintas Timur, hingga saat ini, ruas jalan tersisa atau yang belum diaspal mencapai 3,72 kilometer. Tahun 2020 ini, Pemkab Bintan seyogianya tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, sesuai dengan kebutuhan. Namun, Pemkab Bintan melakukan rasionalisasi anggaran, akibat dampak Covid-19. Sehingga, anggaran infrastruktur dialihkan kepada kebijakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga Bintan.

Baca Juga :  Mau Coba ATV Adventure? Kunjungi Wisata Alam Tosela

”Sehingga, rencana pembangunan infrastruktur jalan harus ditunda. Kebijakan membangun itu, bukan bisa atau tidak. Tetapi kita mau berbuat atau tidak,” tuturnya, Selasa (23/6) kemarin. Tahun 2020, Pemkab Bintan melalui Dinas PUPR telah mengalokasikan Rp14,1 miliar untuk menggesa pekerjaan jalan Lintas Timur, yang belum selesai.

”Namun, tentunya kita harus mengedepankan kepentingan masyarakat terlebih dahulu, pada saat pandemi Covid-19 ini,” tegasnya lagi.

Bupati Bintan bersama tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bintan sudah beberapa kali memverifikasi ke lapangan. Beberapa perbaikan pemeliharaan jalan mesti dilakukan.

Baca Juga :  2019, Bangun Jalan hingga 76,95 Km

”Itu dikarenakan beberapa faktor. Seperti kerusakan jalan yang bergelombang dan berlubang, sudah sempat kita tinjau beberapa waktu yang lalu,” ungkapnya.

Pembangunan jalan Lintas Barat lanjutan (Lintas Timur) merupakan prioritas utama dalam pekerjaan pembangunan jalan di Kabupaten Bintan. Hal ini ditunjukan dengan pembangunan yang berkelanjutan selama 5 tahun terakhir. Meskipun terdapat berbagai kendala dalam pelaksanaannya.

Selain itu, Pemkab Bintan terus mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan Lintas Barat lanjutan itu. Baik dana yang bersumber dari APBD maupun APBN. Saat ini, sudah 9,09 kilometer jalan Lintas Barat lanjutan yang telah diaspal. Dari simpang Km 23 Jalan Nusantara sampai Jalan Korindo (2,94 Km), jalan Korindo menuju arah Lapas (0,99 Km), dari simpang Lapas menuju area perkebunan Tirta Madu (2,08 Km), dan dari Tirta Madu menuju Simpang Km 16 Toapaya. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here