Setelah Dilatik, Sahrul-Rahma Bisa Lantik Kepala OPD

0
331
H Syahrul

TANJUNGPINANG – Hasil pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jika tak ada aral melintang, H Syahrul-Rahma, Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang terpilih dalam pesta demokrasi tersebut bakal dilantik pada 20 September 2018.

Berdasarkan pengalaman yang telah lalu, kepala daerah biasanya ingin merombak kabinet lama atau memutasi pejabat di lingkungan pemerintahan daerah yang mereka pimpin pascapelantikan.

Umumnya, kepala daerah terpilih akan melakukan mutasi, rotasi, bahkan sampai pada me-nonjob-kan Aparatur Sipil Negara (PNS) eselon II, III dan IV. Tindakan tersebut acap kali dilatarbelakangi faktor bersih-bersih kabinet lama. Sesuai aturan, mutasi dalam enam bulan setelah pelantikan harus izin menteri. Dan dalam UU ASN Pasal 73 ayat 7 juga ditegaskan, mutasi dilakukan dengan memperhatikan larangan konflik kepentingan.

Namun, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanjungpinang, H Syahrul menegaskan, H Syahrul-Rahma, sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang terpilih, setelah dilantik nanti, bisa saja melakukan mutasi bagi pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang. Baik, pejabat eselon II, III dan IV. Namun, harus mendapatkan persetujuan dari presiden.

”Kalau mendesak atau darurat, Pak Syahrul bisa melantik pejabat sebelum mereka enam bulan enam bulan setelah ia dilantik jadi Wako. Tapi, setelah mendapatkan izin dari presiden,” kata Tengku Dahlan, kemarin.

Sambung dia, banyak Kepala OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang dijabat oleh pejabat belum definitif atau dijabat Plt. Ia menambahkan, pada saat dimasa akhir jabatan H Lis Darmansyah-H Syahrul, sebagai Wako dan Wawako Tanjungpinang lalu, telah mengusulkan 170 pejabat yang akan dilnatik ke Kemendagri, mulai pejabat eselon III dan IV. Tapi, hingga saat ini rekomendasi dari Kemendagri belum turun-turun. Meskipun banyak OPD dipimpin Plt, pelayanan dimasing-masing OPD tetap berjalan sesuai harapan. (bas) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here