Setelah Normalisasi, Jangan Buang Sampah

0
79
PETUGAS dari Dinas PUPR Kota Tanjungpinang sedang melakukan membersihkan sampah, menebang pohon yang di drainase kawasan perumahan Taman Harapan Indah (THI), Kelurahan Air Raja, Senin (17/12) kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Tanjungpinang mulai melakukan normalisasi drainase, di kawasan perumahan Taman Harapan Indah (THI), Air Raja. PUPR mengingatkan, agar warga tidak membuang sampah ke drainase.

TANJUNGPINANG – Senin (17/12) kemarin, lima orang melakukan pembersihan dan menata (normalisasi) drainase di perumahan yang berada di Kelurahan Air Raja, Tanjungpinang Timur. Mereka membersihkan sampah, menebang pohon di pinggiran tembok drainase, serta memperbaiki aliran air sungai kecil itu.

Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Hendri mengatakan, pihaknya tidak menggunakan alat berat untuk melakukan normalisasi drainase tersebut. Karena, tidak ada akses yang bisa dilewati alat berat, untuk mengerjakan normalisasi drainase tersebut.

”Mau tidak mau, kita pakai tenaga manual (orang),” kata Hendri kepada Tanjungpinang Pos, Senin (17/12).

Hendri tidak bisa memastikan, berapa lama pekerjaan normalisasi drainase tersebut. Alasannya, pekerjaan normalisasi drainase dilakukannya menggunakan tenaga manusia. Tapi, air yang berada di dalam drainase sudah bisa mengalir, dan tidak ada genangan air.

”Kita lakukan ini, agar air surut. Tidak seperti kita lihat sekarang, airnya masih tergenang. Air itu tidak bisa mengalir,” terang dia.

Setelah dilakukan normalisasi, ia berharap, kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan parit dan drainase, di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

”Jangan membuang sampah di parit maupun drainase. Agar parit maupun drainase tidak tersumbat dengan sampah,” tegasnya.

Karena, lanjutnya, sampah yang menyumbat parit maupun drainase tersebut. Kalau sudah tersumbat, air tidak bakal bisa mengalir di akses parit dan drainase. Sehingga mengakibatkan banjir pada saat hujan.

”Bantu lah pemerintah untuk sama-sama menjaga kebersihan drainase dan parit kita,” harap dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here