Sharing Ilmu dengan Mahasiswa Luar Negeri

0
242
MAHASISWA Stisipol Raja Haji dan mahasiswa Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA), Malaysia saat penelitian bersama di Kecamatan Teluk Bintan belum lama ini. f-istimewa

Penelitian Bersama Stisipol dan UniSZA Malaysia

Mahasiswa dua kampus berbeda dari dua negara saling berbagi (sahring) ilmu pengetahuan saat melakukan penelitian bersama di lapangan.

TANJUNGPINANG – SEPERTI yang dilakukan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang dengan mahasiswa kampus Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Trengganu, Malaysia, baru-baru ini. Dalam mengembangkan pengetahuan mahasiswanya, Stisipol Tanjungpinang menjembatini penelitian bersama kampus dari luar negeri seperti dari Malaysia.

Sebab, penelitian bersama kampus asing tentu membawa manfaat lebih bagi mahasiswa Stisipol Raja Haji.

Penelitian bersama itu dilakukan mahasiwa Stisipol dengan mahasiswa UniSZA Trenggani Malaysia di Desa Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.

Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Endri Sanopaka MPM menyebutkan, adapun keuntungan mahasiswa Stisipol Raja Haji mendampingi mahasiswa UniSZA melakukan field work/kerja lapangan, mereka bisa sharing pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan penelitian pendekatan kuantitatif.

”Mereka berkolaborasi saling mengisi dalam proses penyebaran kuesioner di lapangan. Dimana mahasiswa kami, dapat membantu menjelaskan maksud kuesioner yang menggunakan Bahasa Malaysia,” terang Endri, kemarin.

Ketika ditanya apakah mahasiswa Stisipol Raja Haji Tanjungpinang juga akan melakukan penelitian di Malaysia, Endri menjawab, akan dilaksanakan juga penelitian di Malaysia agar mahasiswanya mendapatkan pengalaman yang sama tentang tema yang sama.

Kolaborasi dalam melaksanakan penelitian tentunya juga akan dilakukan, dimana tema yang diambil adalah mengenai masyarakat tradisional dalam menghadapi globalisasi.

Dengan kerja sama tersebut tentunya merupakan bagian dari rangkaian proses pencapaian visi dan misi, serta roadmap Stisipol Raja Haji.

Dimana visi Stisipol Raja Haji telah disesuaikan kembali yaitu ‘Menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang bermutu, berbasis Teknologi Informasi yang kompetitif pada tingkat Nasional Berorentasi Global pada tahun 2038’.

Mahasiswa-mahasiswi UniSZA ini sebelumnya sudah berkunjung ke Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang.

Kedatangan mahasiswa-mahasiswi UniSZA ini, waktu itu disambut baik oleh Ketua Stisipol Endri Sanopaka S.Sos MPM, Pembantu Ketua II Dra.Nurbaiti Usman Siam M.Si dan Pembantu Ketua III bagian Kemahasiswaan Desrian Effendi S.Sos MPM.

Endri Sanopaka menambahkan, kedatangan mahasiswa-mahasiswi dari UniSZA ini merupakan melakukan penelitian tentang globalisasi dan pembangunan di Kota Tanjungpinang dan Bintan.

”Mereka mahasiswa UniSZA ini sudah Semester 7 Fakultas Sains Sosial Gunaan, yang melakukan kajian tentang globalisasi dan pembangunan di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan,” ucap Endri.

Belum lama ini, kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang mendapatkan sertifikat jaminan mutu yang berstandar internasional yang diberikan oleh CDG Certifikat Limited (CCL) ISO 9001:2015 yang berkedudukan di India.

Dengan Sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015 suatu lembaga dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Selain itu dengan sertifikasi ini Stisipol juga sudah dinilai sebagai lembaga yang telah terjamin kredibilitasnya dan dipercaya oleh pelanggan. Sertifikat ISO 9001:2015 yang diterima oleh pihak Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang adalah berikut dengan tiga Program Studi yang ada di Stisipol Raja Haji. (ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here