Shio Anjing Tanah, Tahun Perjuangan Berat

0
289
WARGA Tionghoa mulai berburu pernak-pernik menjelang Imlek di Jalan Merdeka Tanjungpinang. f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Perayaan tahun baru Cina, tinggal tiga hari lagi. Berdasarkan penanggalan Cina, pada Imlek 2018 yang jatuh pada, Jumat (16/2) nanti, merupakan tahun ke-2569 atau 2018 masehi dan 1439 H.

Tahun baru Cina nanti merupakan Shio Anjing Tanah. Berdasarkan ramalan tahun ini dengan karakter Shio Anjing Tanah, merupakan tahun kerja keras dan perjuangan berat.

Pengusaha Tanjungpinang, Rudi Chua mengatakan, pertumbuhan ekonomi diperkirakan belum banyak berubah dan perlu kerja keras. ”Ini soal kepercayaan. Namun, pertumbuhan ekonomi (Kepri, red) tetap bergantung pada pertumbuhan ekonomi dunia,” ujar Rudi Chua via ponselnya, Senin (12/2).

Ketua Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Tanjungpinang, Edyanto Ong mengatakan, tahun ini, berdasarkan ramalan mereka, diperlukan loyalitas, ketekunan, kerja keras.

”Ini bukan tahun santai. Seperti karakternya, tanah itu berarti perlu pengolahan agar menghasilkan. Tapi perjalannya masih panjang sebelum menghasilkan, harus diolah, ditanami, dirawat baru menghasilkan,” jelasnya.

Tanah itu menghasilkan apabila ada ketekunan untuk merawatnya dan perlu kerja keras. ”Dari yang saya pelajari, tahun ini perlu perjuangan berat. Ramalan yang lain, mungkin begitu juga,” bebernya lagi.

Meski tahun ini cukup berat, namun bagi Shio Kambing dan Ular merupakan tahun yang baik. Bagi yang bershio kampung dan ular lebih mudah mendapatkan rezeki.

Ia menambahkan, menjelang Imlek, pihaknya dari ITM telah melakukan bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada warga kurang mampu di tiga titik di Tanjungpinang. Ada juga pemberian bantuan ke panti. ”Rangkaian bakti sosial kita menjelang Imlek sudah selesai. Tinggal nanti ada acara pentas hiburan malam di Jalan Merdeka yang dilakukan para senior kita dari PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia),” tambahnya.

ITM juga dilibatkan dalam acara ini yang rencananya akan dilakukan, Kamis (15/2) malam. Besoknya pas Imlek, ada juga acara di tempat yang sama.

Untuk acara malam puncak, rencananya akan dihadiri Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raza Arija, Bupati Bintan Apri Sujadi dan stakeholder lainnya.

Sementara itu, feng shui lainnya menyebutkan, tahun 2018 identik dengan Shio Anjing Tanah. Tahun ini dinilai menjadi tahun yang baik bagi beberapa shio untuk memulai karir, memperoleh karir yang baru atau harus mempertahankan karir yang tengah digeluti.

Shio macan merupakan shio yang cocok mengekspresikan diri dalam karir tahun ini. Namun pemilik shio tersebut diimbau tidak buru-buru mengambil keputusan, apabila ingin menjalankan ide pemilik shio ini harus menyesuaikan dengan kemampuan diri. Shio yang memiliki perjalanan karir maupun peruntungan yang cukup netral di tahun anjing tanah adalah shio kerbau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet dan anjing. Shio tersebut diprediksi tidak lebih baik dan tidak lebih buruk dibanding tahun lalu.

Bagi shio kelinci, tahun ini lebih baik daripada tahun lalu, tetapi memang belum terlalu maksimal. Lalu bagi shio naga peruntungan tahun ini tidak semudah dan selancar tahun sebelumnya, namun tetap ada peluang asal tahu waktu yang tepat dan efektif bergerak. (mas/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here