Siaga I, Semua Pengunjung Polres Diperiksa Ketat

0
174
PETUGAS memeriksa barang bawaan pengunjung di Polres Tanjungpinang, Rabu (16/5). f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Rentetan bom bunuh diri yang dilakukan sejumlah teroris di Tanah Air membuat polisi makin siaga. Apalagi, aksi mereka tak henti-hentinya dan kini bergerak ke Sumatera.

Pascaterjadinya bom bunuh diri dan penyerangan di Polda Riau yang terjadi, Rabu (16/5) kemarin, Polres Tanjungpinang Siaga I dan meningkatkan kewaspadaan keamanan. Semua anggota Polres Tanjungpinang dikumpulkan.

Pantauan di lapangan, setiap kendaraan yang memasuki halaman Makopolres Tanjungpinang di Batu 5 diperiksa petugas yang berjaga menggunakan senjata lengkap.

Pengendara yang menggunakan sepeda motor dan mobil sebelum memasuki halaman Polres Tanjungpinang berhenti dulu di pos yang dijaga belasan petugas bersenjata lengkap.

Semua kendaraan diperiksa dengan teliti untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, sekarang memasuki Makopolres Tanjungpinang pengunjung terlebih dahulu diperiksa, pintu masuk sekarang hanya satu saja melalui pintu tengah.

”Kita terapkan siaga satu, sesuai arahan pimpinan. Kita buka 1 pintu untuk keluar maupun masuk agar pemeriksaan bisa terdeteksi,” katanya, Rabu (16/5).

Ia melanjutkan, bagi kendaraan roda dua, pengendara terlebih dahulu diminta untuk turun dari motor sambil mengangkat tangan. Sedangkan pada mobil pengemudi diminta untuk membuka seluruh kaca mobil sehingga petugas yang berjaga bisa melihat apa isi di dalam kendaraan tersebut.

”Maksud dan tujuan kedatangan para pengunjung juga harus diketahui terlebih dahulu, barang bawaan juga harus dikeluarkan untuk dilihatkan kepada petugas,” sebutnya.

Kapolres menjelaskan, ia telah mengumpulkan seluruh personel Polres Tanjungpinang untuk mengecek jumlah anggota dan memastikan semua anggota itu dalam kondisi terkendali aman dan nyaman. ”Semua anggota lengkap, mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik dalam menjaga keamanan di Tanjungpinang,” jelasnya.

Ia mengatakan, sudah berkoordinasi dengan instansi terkait baik itu TNI, Pemerintah Kota Tanjungpinang dan semua elemen masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan. ”Kita berkoordinasi dengan seluruh elemen. Baik itu TNI dan masyarakat agar bisa bersama-sama menjaga keamanan,” ujarnya.

Pada malam sebelumnya, polisi dan TNI juga sudah turun bersama-sama melakukan pengecekan sejumlah tempat ibadah. Termasuk melakukan koordinasi dengan warga sekitar tempat ibadah. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here