Siang Gotong-royong, Malam Harinya Ngaji Bersama

0
154
warga bersama Satgas TMMD ke-103 saat makan malam bersama.

Menilik Kedekatan Personil TMMD dengan Warga Pengudang

BINTAN – Masa pembangunan proyek fisik TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0315/Bintan di Desa Pengudang sebulan. Meski waktunya relatif sigkat, namun proyek infrastukur pembukaan jalan yang dikerjakan cukup panjang. Jalan yang dibuka panjangnya 4.050 meter. Kondisi jalan yang dibuka berupa semak, rawa dan sebagian berbentuk bukit. Namun, pembersihan jalan sudah selesai. Tinggal menyelesaikan pembuatan beberapa unit gorong-gorong dan penyelesaian batu miring. Rawa yang mesti ditumbun juga tinggal sekitar 10 persen lagi dari 1,05 kilometer dari total panjangnya rawa yang mesti ditimbun.

Kebersamaan warga dengan TNI yang bertugas di TMMD, tidak hanya terlihat saat gotong royong saja. Saat gotong royong mereka terlihat kompak dan akrab dalam menyelesaikan pengerjaan jalan yang mengitari lahan 100 hektar milik warga Desa Pengudang. Keakraban warga dengan personil TMMD juga berlanjut hingga malam hari. Selain makan malam bersama di rumah-rumah warga juga anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD menggelar acara mengaji dan membaca Yasin bersama.

Menurut Komandan SSK TMMD ke-103 Lettu Inf M. Yusuf, kegiatan acara ngaji dan baca yasin bersama ini sebagai ungkapan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga memohon agar tugas dalam melaksanakan program TMMD bisa berjalan dengan lancar. Untuk kegiatan mengaji bersama kita adakan di rumah-rumah warga,” ucap Lettu Inf M. Yusuf, Kamis (25/10).

Selain itu, sebutnya, kegiatan seperti ini juga sudah menjadi kewajiban umat muslim hingga tidak ada yang istimewa. “Ini sduah menjadi kewajiban umat muslim agar selalu berdoa dan beribadah dimanapun berada,” katanya.

Menurutnya, doa bersama yang digelar juga untuk menjalin dan memupuk dan menjaga rasa persaudaraan antara anggota Satgas dengan para warga. “Hal itu menjadi penting karena dalam kurun waktu satu bulan Satgas TMMD melaksanakan tugas dan mesti terus berkumpul dan bergaul bersama warga,” sebutnya.

“Tujuan utama Satgas adalah bisa menjalankan tugas sesuai dengan perintah. Salah satu caranya dengan saling mendukung antar masyarakat dengan Satgas agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal dan TNI bisa semaiin dekat dengan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa menuturkan, anggota satgas yang menginap dan tinggal bersama rakyat harus membaur dalam segala kegiatan masyarakat.

“Satgas TMMD menginap di rumah rumah penduduk, agar mereka bisa mengetahui kesulitan warga dan bisa membantu mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Termasuk salah satu kegiatanya menggelar ibadah bersama dan olahraga bersama,” tutur Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here