Siap Jadi Poros Maritim Dunia

0
748

Gubernur Minta Pusat Bangun Pelabuhan Besar di Kepri

Sebagai daerah kepulauan, Provinsi Kepri sudah siap menjadi Poros Maritim Dunia. Namun, untuk mendukungnya, perlu dibangun pelabuhan besar.

DOMPAK – SAAT ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Perhubungan sedang membangun pelabuhan di Kepri. Gubernur meminta agar bisa rampung cepat. Nurdin memang minta agar pelabuhan-pelabuhan yang sudah mulai dibangun Kementerian Perhubungan selesai dengan cepat. Demikian juga pembangunan pelabuhan baru untuk pulau-pulau terdepan. ”Kepri siap menjadi pusat Poros Maritim Dunia. Karena itu harus ada pelabuhan-pelabuhan besar untuk mendukung itu,” kata Nurdin.

Baca Juga :  SMSI-PWI Bentuk Media Crisis Center Tsunami

Potensi laut Kepri yang besar harus dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Nurdin sendiri sudah memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk pemanfaatan itu, baik Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas ESDM, Dinas Perdagangan dan lainnya. Menurut Gubernur, pemerataan pembangunan ekonomi seperti disampaikan Presiden Jokowi juga dijalankan dengan baik di Provinsi Kepri. Semua daerah, menurut Nurdin tetap mendapat prioritas pembangunan, sesuai dengan usulan, hasil reses DPRD Kepri dan kunjungan langsung lapangan. ”Komunikasi dan koordinasi untuk hal ini harus terus dilakukan,” kata Nurdin.

Menurut Nurdin, dengan pemerataan dan prioritas pembangunan setiap daerah, kebersamaan masyarakat Kepri semakin kuat. Rasa kebersamaan dan persatuan Kepri, menurut Nurdin sudah teruji oleh sejarah. Negeri Segantang Lada harus bersama bekerja untuk kemajuan daerah. Gubernur juga mengutip pernyataan Presiden Jokowi bahwa negeri ini harus membangun pondasi kultural yang kuat, bersatu dan berdiri gagah untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks, yang semakin ekstrem, dan berubah dengan sangat cepat. ”Kata Presiden, hanya bangsa yang cepatlah yang akan memenangi persaingan global,” kata Gubernur.

Baca Juga :  Biaya Pemindahan Ibu Kota Baru Rp466 Triliun

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun terus berupaya mempercepat terwujudnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kepri. Nurdin pun sudah menemui Dirjen Planologi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Arie Yuriwin serta Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria Tata Ruang dan BPN RI Yuyu Rahayu. ”Kita ingin percepatan proses penetapan lahan untuk kawasan KEK di Kepri,” kata Nurdin usai menemui Dirjen Planologi di Manggala Wanabhakti, Jakarta (16/8). Gubernur mengatakan, KEK akan menjadi energi baru bagi Kepri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.(MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here