Siapkan 50 Event Wisata

0
568
LOKASI WISATA: Jembatan I Barelang merupakan salah satu lokasi wisata di Batam. f-martua/tanjungpinang pos

Pemerintah Kota Batam menyiapkan sekitar 50 event pariwisata yang akan digelar tahun 2018. Event pariwisata itu diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisman.

BATAM – Untuk tahun ini, dari 1,7 juta jiwa target wisman ke Batam, realisasi hingga Oktober 2017 baru sekitar 1.194.309 jiwa. Walau BPS Kepri memperkirakan target wisman Kepri tidak tercapai tahun ini di angka 3 juta jiwa, namun Kepala Dinas Pariwisata Batam, Pebrialin, Kamis (7/12) berharap target tercapai.

Harapan itu diakui sesuai dengan diharapkan Wali Kota Batam, HM Rudi. Demikian untuk tahun depan, Rudi berharap, peningkatan kunjungan wisman, akan naik signifikan. ”Yang tercatat saat ini sudah 50 event wisata untuk tahun depan. Diharapkan bisa mendorong capaian target wisman tahun depan. Makanya kita libatkan semua stakeholder,” kata Pebrialin.

Pebrialin mengatakan, event pariwisata akan mendorong peningkatan kunjungan wisman. Dimana event dimaksud, ada voli, lari tour de Barelang, budaya, wonderfood Batam dan lain-lainnya. ”Penyelenggaranya ada dari media, hotel dan restoran. Ada event besar. Harapan kita, bisa mendatangkan lebih banyak wisman,” harapnya.

Diakuinya, selain event disiapkan Pemko, juga dengan swasta hingga Kementerian Pariwisata. ”Kita akan coba perbanyak program kerja sama dengan kementerian. Dengan komunitas, kita gelar seperti expo wirausaha. Butuh keterlibatan semua pihak untuk mendukung pariwisata. Tidak hanya pemerintah,” imbaunya.

Sementara untuk event berskala internasional, pihaknya juga menggandeng Badan Pengusaha (BP) Batam, selain industri pariwisata dan media. ”Kita buat berbagai event menarik untuk menjadi daya tarik wisman dan wisnus,” harapnya.

Saat ini, rencana kegiatan pariwisata tahun 2018 sedang difinalkan. Diharapkan, sebelum event tahun depan, target wisman tahun ini bisa tercapai, 1,7 juta.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here