Siapkan 6.600 Paket Seragam Sekolah Gratis

0
107
BUPATI Bintan H Apri Sujadi didampingi Kadisdik Tamsir SSi MSi menyerahkan perlengkapan sekolah gratis, tahun ajaran lalu.
Pemkab Bintan kembali memberikan bantuan seragam dan perlengkapan sekolah secara gratis bagi peserta didik baru, pada tahun ajaran 2020-2021 ini. Bantuan yang disiapkan sebanyak 6.600 paket.

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi menjelaskan, pada masa pandemi Covid-19, Pemkab Bintan melakukan refocusing atau rasionalisasi anggaran. Sebagian besar anggaran dialokasikan kepada program pemulihan ekonomi, yaitu penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) buat masyarakat.

Dalam tiga tahap rasionalisasi anggaran ini, hampir semua OPD terdampak atau
dikurangi belanjanya. Termasuk pada Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan. Namun, pada Dinas Pendidikan Bintan, kegiatan yang berkaitan langsung dengan anak sekolah, tetap dipertahankan. Seperti penyewaan transportasi pendidikan, serta bantuan seragam dan perlengkapan sekolah. Anggaran untuk dua kegiatan itu mencapai Rp16,814 miliar.

Baca Juga :  Apri Kejar Target Kunjungan Wisata

Anggaran penyewaan transportasi antar dan jemput anak sekolah secara gratis di 10 kecamatan sebesar Rp11,631 miliar. Dana ini untuk angkutan anak sekolah di daratan berupa penyewaan 55 armada bus selama setahun, dengan nilai Rp8,703 miliar. Dan untuk angkutan di laut berupa penyewaan 22 unit pompong selama setahun, nilainya mencapai Rp 2,928 miliar.

Selain transportasi angkutan pelajar, Pemkab Bintan menyediakan anggaran untuk bantuan seragam dan perlengkapan sekolah secara gratis. Dana bantuan seragam dan perlengkapan sekolah bagi peserta didik baru ini mencapai Rp5,183 miliar.

”Tahun ini, warga Bintan tak perlu khawatir untuk program bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis ini. Kita tetap menganggarkannya. Ada sekitar 6.600 paket yang kita siapkan,” tegas H Apri Sujadi, Selasa (30/6) kemarin.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Terima API 2018

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi menyampaikan, setiap peserta didik baru pada tahun ajaran 2020-2021 ini, akan diberikan satu set bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis. Satu set bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis terdiri dari, 1 stel baju OSIS, 1 stel baju Pramuka, 1 stel baju batik, 1 stel baju Melayu, 1 stel baju olahraga, serta ditambah sepatu dan tas.

”Tahun ini, seragam dan perlengkapan sekolah gratis itu, insya Allah akan dibagikan pada bulan Oktober 2020 nanti,” ujar Tamsir, kemarin.

Kemudian, lanjut Tamsir, untuk pengukuran size (ukuran) baju dan sepatu itu, setiap calon siswa maupun orang tua dan wali murid, mesti mencantumkan ukuran saat pendaftaran secara online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekarang. Pendaftaran siswa baru ini, sudah disiapkan dalam aplikasi PPDB online.

Baca Juga :  NasDem Bintan Yakin Lolos, Pasang Target 3 Kursi

”Jumlah seragam dan perlengkapan sekolah gratis pada tahun ajaran ini, untuk SMP dan MTs itu sebanyak 3.200 set. Sedangkan untuk SD dan MI sebanyak 3.400 set. Jadi, ada 6.600 set yang kita siapkan,” demikian dipaparkan Tamsir SSi MSi. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here