Siapkan Pemimpin Bangsa Lewat Pramuka

0
356
Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri H Nurdin Basirun-H Isdianto menyalami anggota Pramuka usai Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Gedung Daerah, Tanjungpinang. f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Tahun 2030 Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Saat itu jumlah penduduk produktif Indonesia akan besar. Ini menjadikan kekuatan berdaya saing.

Maka harus dipersiapkan pemimpin muda, pemimpin bangsa sejak dini. Para generasi penerus bisa dibentuk melalui Pramuka.

Hal ini disampaikan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Pramuka ke-57 Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2018 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (14/8).

”Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus kita bersama. Berkepribadian luhur, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup mereka kelak,” ujar Nurdin.

Gubernur mengatakan, gerakan Pramuka harus tetap konsisten dan fokus mendidik karakter muda bersatu menjaga persatuan bangsa dan keutuhan NKRI.

Gerakan ini terus berkomitmen untuk mengingkatkan kualitas manusia dengan membekali pendidikan karakter dan komptensi iptek berbasis kecakapan yang kelak menjadi skill kaum muda.

”Melalui Pramuka inilah kita bentuk mereka,” lanjut Nurdin yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepri tersebut.

Nurdin menambahkan bahwa pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada satya dan darma pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati tiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berperilaku.

”Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini,” tambah Nurdin lagi.

Eksistensi Pramuka yang sudah lama ada harus dipahami filosofi dan nilai kepramukaan yang didapat dari kebudayaan Indonesia itu sendiri Berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda. Pramuka yang telah memberikan kontribusi nyata, mencetak calon pemimpin bangsa, hingga kini semangat itu tidak pernah dan tidak boleh pudar.

Untuk itu kepada orang tua Nurdin juga berpesan untuk tidak ragu memberikan kesempatan kepada putra-putri untuk ikut kegiatan kepramukaan. ”Pembangunan SDM harus sejalan dengan, pembangunan fisik karna kunci keberhasilan pembangunan terletak dari SDM yang berkualitas,” kata Nurdin.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada sebanyak 81 orang yang menerima lencana, antara lain Lencana Melati, Lencana Dharma Bhakti, Lencana Karya Bhakti, Lencana Pancawarsa, Lencana Garuda Penegak dan Lencana Garuda Penggalang serta Lencana Garuda Siaga.

Kepada para penerima penghargaan Nurdin mengucapkan selamat atas apa yang telah diraih saat ini dan jadikan hal tersebut motivasi ke depan dalam memberikan kontribusi yang lebih maksimal untuk Pramuka. ”Terus berikan sumbangsih yang membanggakan bagi gerakan Pramuka,” tutup Nurdin.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur H Isdianto, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri Husnizar Hood, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Pj. Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad, Penasehat TP-PKK Provinsi Kepri Hj Noor Lizah Nurdin Basirun, Ketua BKOW Provinsi Kepri Hj Rosemary Isdianto, Ketua DWP Provinsi Kepri Hj Rismarini Arif Fadillah, Mantan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Perwakilan FKPD, Kepala OPD, tamu undangan beserta barisan Pramuka dari perwakilan sekolah se-Kepri. (mas/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here