Siapkan Rp 12 Miliar Percantik Dompak

0
680
DIBENAHI: Pemprov Kepri terus membenahi kawasan Pulau Dompak. Nampak trotoar sudah dipercantik.f-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Kepala Bapelitbang Kepri Naharuddin menyampaikan, pembangunan infrastruktur di Pulau Dompak merupakan prioritas utama Gubernur Kepri H Nurdin Basirun.

Menurutnya, tidak hanya segera dibangun stadion bertaraf internasional, namun ke depan jalan wilayah Pulau Dompak harus menjadi pusat kunjungan wisatawan baik lokal sampai mancanegara.

”Pembangunannya, tidak sekaligus. Kalau sekaligus butuh ratusan miliar. Khusus tahun 2018 ini, anggaran yang sudah disiapkan sekitar Rp 12 miliar,” jelas Naharuddin kepada wartawan usai menggelar rapat OPD bersama Gubernur Kepri di ruang kerja lantai IV Kantor Gubernur Kepri, Selasa (2/1).

Baca Juga :  2018, Belanja Modal APBN di Kepri Naik

Menurut Nahar, rencana gubernur kawasan Pulau Dompak ini harus jadi pusat destinasi wisata yang paling favorit di Kota Tanjungpinang selain Tepilaut dan wilayah lainnya. Karena ke depan, secara bertahap Pemprov melalui OPD terkait, akan terus mengubah kawasan pulau ini lebih moderen.

”Sekarang sudah dibangun, gedung Kanwil Pembendaharaan, sebentar lagi, Kantor Kanwil Pertanahan, kemudian stadion, jalan serta beberapa titik lainnya yang akan dibangun lebih moderen,” papar Nahar.

Tak hanya itu, master plan untuk memberdayakan hutan mangrove di kawasan pulau ini pun sudah dikaji dan studi oleh tim dari Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan, Pariwisata Kepri.

Baca Juga :  Kepri Simpan Energi Terbarukan

Berdasarkan saran dan perintah gubernur, selain pintu masuk yang tampak sudah sangat menarik, ke depan, hutan mangrove pun dibangun sebagai salah satu lokasi kawasan yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata.

”Jadi intinya, pak gubernur ingin bahwa ke depan pulau ini tidak hanya jadi pusat pemerintahan, tapi jadi lokasi yang paling diminati untuk kunjungan wisata,” paparnya.

Tahun 2018 ini, lapangan stadion Pulau Dompak tahap pertama dibangun. Saat ini Dispora Kepri sudah menyampaikan, dalam rapat gabungan para OPD bahwa dalam waktu dekat sudah dimasukkan dalam Sirup Unit Layanan Pengadaan Pemprov Kepri.

Baca Juga :  Pelabuhan Batuampar Lokasi Ekspor Terbesar

”Semua OPD per Januari diminta berlomba-lomba memasukkan program fisik melalui sirup. Supaya Februari sudah bisa pelan-pelan dilanjutkan pengerjaannya,” ungkap Nahar. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here