Siapkan SDM Bekerja di Luar Negeri

0
176
PRAKTIK: Salah satu mahasiswa BTP saat peraktik. f-ISTIMEWA

Minat Masyarakat Kuliah di BTP Meningkat

TANJUNGPINANG – Direktur Batam Tourism Polytechnic (BTP), M Nur A Nasution, menuturkan, kini jumlah mahasiswanya terus meningkat. Pada tahun ajaran baru 2017/2018 ada sekitar 150 mahasiswa baru telah bergabung dengan BTP yang nantinya akan memenuhi pasar kerja. Terutama ke luar negri dan perusahaan kapal pesiar (cruise liner). ”Kami banyak mendapat permintaan mengirimkan tenaga kerja ke luar negri seperti ke Timur Tengah serta dari cruise liner. Bagi masyarakat yang ingin bergaji puluhan juta per bulan di bidang wisata kini banyak mengikuti perkuliahan di kampus BTP,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Ia bahkan menuturkan, mahasiswa semester empat yang tengah magang di hotel-hotel di Doha, Qatar, Dubai saat ini sudah ditawari kerja di Beverly Hills, USA dengan tawaran gaji US$ 3000/ per bulan. Ini artinya, mereka yang belum menyelesaikan kuliah saja sudah laris. ”Kami punya jaringan hotel di darat dan di kapal-kapal pesiar yang siap menampung SDM hasil didikan BTP. Sebab, kini berkarir di industri pariwisata memang sangat menjanjikan,” ungkap Nur.

Dunia hospitality memang kini menjanjikan dengan lapangan pekerjaan yang terbuka lebar. Apalagi mahasiswa BTP telah dilatih menjadi profesional dibidangnya sehingga peluang memperoleh pendapatan puluhan juta per bulannya bukan sekedar impian. ”Industri pariwisata tumbuh pesat bahkan diantara wisatawan nusantara sudah menjadi bagian dari lifestyle. Di saat industri berat mengalami penyusutan, masyarakat terutama para lulusan SMA melihat yang menghasilkan puluhan ribu dolar saat ini adalah dunia pariwisata,” tuturnya.

Kampus BTI yang terletak di Jalan Gajah Mada, Komplek Tiban Ayu dirancang dengan konsep kenyamanan terpadu. Besarnya minat masyarakat berkiprah di industri pariwisata terutama perhotelan membuat pihaknya juga membuka kelas malam untuk memberikan kesempatan para pekerja untuk berkuliah dibidang ini. Saat ini, lanjutnya, jurusan culinary management serta jurusan room division dan management yang dibuka. Keterbatasan tempat, pihaknya membatasi jumlah pendaftaran yaitu 4-5 kelas hingga 28 Agustus.(BAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here