Siber Indonesia Network Diluncurkan, Ramon Damora Direktur Redaksinya

0
496

JAKARTA- Siber Indonesia Network (SIN) resmi dibuka di hari pertama pelaksanaan Rakernas SMSI oleh Menteri Kominfo RI, Rudi Antara, di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Rabu (25/7/2018) malam.

Ketua SMSI Auri Jaya juga sudah menunjuk Ramon Damora sebagai Direktur Redaksi SIN. Menurut Auri, SIN merupakan news room atau jaringan pengumpul berita dari anggota SMSI di daerah. Berita yang dikumpul tentu saja berita yang berkualitas yang bisa diambil oleh member SMSI secara aman.

“Tujuan didirikannya SIN, untuk meningkatkan kualitas pemberitaan seluruh media anggota SMSI. Ada ribuan berita dan foto serta video yang akan masuk ke Siber Indonesia Network,” ungkap kata Auri Jaya.

Kata Auri, seluruh anggota SMSI boleh mengunduh dan mengunggah berita dari SIN.

“Kita percayakan SIN kepada Ramon Damora. Beliau anak muda yang cerdas, energik dan sudah berkiprah di media-media Jawa Pos Group, dari Riau Pos, Batam Pos, Posmetro Batam dan sekarang di Tanjungpinang Pos,” sebut Auri.

Auri berharap kehadiran SIN menjadi suatu generasi baru dalam dunia infomasi di tanah air, dan memberika manfaat yang besar bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, Meneteri Kominfo RI, Rudi Antara menyambut baik Rakernas SMSI dan kehadiran SIN di tengah menjamurnya pertumbuhan media online di Indonesia.
“Dengan fungsi kontrol yang baik, maka SIN akan menjadi salah satu motor penyebar berita-berita berkualitas yang layak dikonsumsi oleh masyarakat dari satu daerah ke daerah yang lain,” harap Rudi.

Pada kesempatan itu, Rudi juga mengingatkan seluruh anggota SMSI untuk terus meningkatkan kualitas dan prifesionalisme yang menjunjung tinggi amanat Undang-undang RI, nomor 40 tentang pers.

Selain itu Rudi mengingatkan agar wilayah-wilayah kode etik harus dipatuhi wartawan.
“Untuk meningkatkan kualitas, media tentunya harus terverifikasi, personilnya harus menaati kode etik jurnalistik, sebagaimana profesi-profesi lainnya yang juga memiliki kode etik di lingkungannya,” papar Rudi.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan PWI pusat Ilham Bintang menceritakan kilas balik berdirinya SMSI yang dibidani oleh PWI.

“Dua tahun lalu, PWI melihat dunia siber sudah menjadi kebutuhan hingga perlu wadah dan dibentuklah SMSI oleh pengurus-pengurus pusat,” sebutnya.
Hanya saja, Ilham Bintang mengingatkan agar kebebasan pers mesti dibarengi dengan pemahaman kode etik wartawan.

Hadir dalam pembukaan Rakernas SMSI ke-3 ini, Ketua Dewan Penasehat SMSI Chaerul Tanjing yang juga Founder CT Group, Ketua DK PWI Ilham Bintang, sejumlah pengurus PWI Pusat serta tokoh-tokoh per tanah air. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here