Sidik Bauksit Ilegal, Amjon Ikut Diperiksa

0
493
Truk bauksit: Truk bauksit yang diamankan di mapolres Tanjungpinang. f-reymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Polres Tanjungpinang terus mendalami pemeriksaan penambangan ilegal bauksit di TanjungMoco. Setelah menahan sejumlah truk bauksit dan beberapa unit alat berat, kemarin, Kamis (9/11) giliran Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepri Amjon yang diperiksa penyidik Satreskrim Polres Tanjungpinang. Amjon diperiksa polisi selama enam jam.

Amjon datang ke Satreskrim Polres Tanjungpinang dengan mengenakan kemeja putih langsung memasuki ruangan tindak pidana tertentu (Tipiter). Amjon diperiksa dari pukul 10.00 hingga pukul 17.00.

Informasinya, Amjon diperiksa sebagai saksi khusus terkait ada tidaknya pemberian Izin Usaha Pertambangan (IUP) biji bauksit di Tanjungmoco dari dinas yang dipimpinnya.

Selain Amjon penyidik juga memeriksa Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepri Azman Taufik. Asman diperiksa mulai pukul 11.30. ”Nantilah kita berikan keterangan kepada teman-teman media. Sabar ya, saya diperiksa dulu,” ujar Azman.

Hingga sore hari, Amjon dan Azman Taufik masih menjalani pemeriksaan dari penyidik Tipiter. Aktivitas pengangkutan tambang bauksit itu dihentikan polisi di sekitar wilayah Tanjungmoco, Kelurahan Dompak, Kota Tanjungpinang, Selasa (31/10) lalu.

Penggerebekan dilakukan karena diduga aktivitas tersebut ilegal. Selain mengamankan alat berat yang digunakan melakukan penambangan, dari penggerebekan tersebut, polisi juga mengamankan lima pekerja tambang bauksit. Aktivitas tambang itu digrebek polisi saat hasil tamang sedang dilansir ke dalam tongkang yang sudah menunggu di bibir pelabuhan. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here