Sigit Prabowo Kajari Pertama di Bintan

0
973
KAJARI Bintan Sigit Prabowo menandatangani naskah, saat dilantik Kejati Kepri.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Riau (Kepri), Asri Agung Putra melantik Wakil Kajati dan empat pejabat eselon III di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri, Kamis (22/3). Seorang pejabat yang dilantik adalah Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) pertama di Kabupaten Bintan, yaitu Sigit Prabowo.

Lima pejabat yang dilantik adalah Muhammad Taufik, sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum diangkat sebagai Wakajati Kepri. Asisten Pembinaan, satu pejabat Koordinator, Kajari Karimun serta Kajari Bintan.

Pengambilan sumpah jabatan bersejarah yaitu pelantikan Sigit Prabowo sebagai Kajari Bintan. Sigit Prabowo sebelumnya menjabat sebagai koordinator di Kejati Kepri. Sigit merupakan Kajari pertama Bintan. Karena, selama ini wilayah kerja Kejari Tanjungpinang tidak hanya di wilayah hukum Tanjungpinang, tetapi juga merangkap ke wilayah Bintan.

Baca Juga :  Tak Ada Keluhan Soal THR

Usai melantik lima pejabat eselon II dan III, Kajati Kepri Asri Agung Putra mengatakan, lima pejabat tersebut memiliki peran penting, dan strategis dalam mencapai sebuah visi dan misi Kejati Kepri. Apalagi, jabatan Wakajati yang merupakan rekanan ia dalam menakhodai Kejati serta Kejari yang ada di Kepri.

Menurut Asri, pergantian pejabat di lingkungan kejaksaan adalah hal yang biasa. Tujuannya untuk menjaga dinamika dalam mencapai sebuah program kerja, yang tercantum dalam visi misi. Selain itu, jabatan juga amanah baik kepada manusia juga dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga :  Dengar Keluhan Agen, Harga Elpiji Dipertimbangkan

”Kewenangan bisa dilakukan oleh bawahan, tapi tanggung jawab tidak bisa dideligasikan, karena itu adalah amanah,” tegasnya.

Untuk itu, kata Asri, jaksa harus melakukan tugasnya secara profesional dan proporsional. Sehingga dapat memenuhi penegakan hukum yang didambakan masyarakat.

”Kita harus lebih eksis dalam melakukan tugas ditengah masyarakat, agar kinerja kita diketahui dan dinilai langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kata Asri, tugas dan tanggung jawab besar saat ini dibebankan oleh Kajari Bintan yang baru. Karena membangun sistem dalam bertugas tidak lah ringan. Sebab, sejak resmi dilantik, maka Kajari Bintan segera mempersiapkan operasi kantor, sumber daya manusia serta sarana dan prasarana lainnya.

Baca Juga :  Bupati Upayakan Tambahan Kuota Solar Nelayan

”Koordinasi dengan Kajari Tanjungpinang, ciptakan sinergitas dengan stakeholder dan masyarakat di Bintan. Kalau SK strukturalnya sudah ada, tinggal dilantik saja,” tuturnya.

Kajari Bintan Sigit Prabowo menyampaikan, pihaknya masih melakukan pembenahan ruko di Km 16 Toapaya, sebagai kantor sementara. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here