Silpa 2016 Tutupi Defisit APBD-P 2017

0
500

KARIMUN – BUPATI Karimun Aunur Rafiq akan menyampaikan pidato Kebijakan Umum Anggaran Platforn Penggunaan Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 Pada Hari ini, Senin (21/8) di DPRD Karimun.  ”Penyampaian pidato Bupati Karimun tentang KUA-PPAS APBD Perubahan tahun 2017, seharusnya dilakukan pada akhir Juli lalu. Namun karena ada kesibukan, dan beban kerja yang menumpuk. Sehingga, penyampaian baru dapat terlaksana pada bulan Agustus ini,” kata Djunaidi, Kepala Bapedda Karimun, kemarin.

Djunaidi menyebutkan, terkait defisit APBD Karimun tahun 2017 setelah dihitung tidak lebih dari Rp 33 miliar. Namun, dapat tertutupi dengan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun lalu atau bisa dikatakan tahun ini Karimun tidak mengalami defisit anggaran. Setelah penyampaian KUA-PPAS, akan dilanjutkan penyampaian pengantar nota keuangan dan dilanjutkan dengan pembahasan APBD perubahan oleh tim anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama badan anggaran (banggar) di DPRD Karimun.

Pembahasan APBD murni tahun anggaran 2018, menunggu petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) terkait dana alokasi khusus (DAK) serta dana alokasi umum (DAU) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Direktorat Jenderal Keuangan Daerah. Ia berharap, penggunaan anggaran lebih tepat sasaran untuk masyarakat seperti melanjutkan kembali program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

Program tersebut, dianggap mampu menekan angka kemiskinan meskipun belum maksimal untuk menekan angka kemiskinan. Tahun 2017, Karimun mendapat rehab rumah dari Kementerian dan bantuan dari BUMN. Sedikitnya masih ada 1.000 unit RTLH yang belum sempat direhab dampak defisit anggaran tahun 2015 lalu.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here