Sinergisitas Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019

0
295
Tim gabungan pengamanan melaksanakan simulasi pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019. F-Indra Gunawan/Tanjungpinang Pos

ANAMBAS – Gabungan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 dari TNI dan Polri melakukan simulasi terkait penindakan terjadinya huru hara dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 mendatang. Kegiatan digelar di lapangan Sulaiman Abdulah Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan, Jum’at (8/2) pagi.

Hal ini dilakukan berdasarkan MoU antara Panglima TNI dan Polri dalam melakukan pengamanan wilayah negara.

“Kegiatan itu dilakukan bagian dari rangkaian simulasi dalam pengamanan Pileg dan Pilres 2019 mendatang. Kegiatan itu berlangsung berjalan dengan lancar,” kata Kapten Laut (T) Ediyanto selaku koordinator kegiatan simulasi pengamanan Pileg dan Pilpres 2019, Jum’at (8/2) pagi.

Kata dia, tujuan dilaksanakannya latihan gabungan ini guna meningkatkan kesiapsiagaan dalam rangka perbantuan pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

“Melalui latihan gabungan ini juga diharapkan terwujudnya sinergitas TNI Polri dalam rangka mewujudkan pemilu tahun 2019 yg aman dan damai,” tegasnya.

Ia menambahkan, latihan dilakukan dengan simulai sesuai dgn kondisi yg sebenarnya sehingga diharapkan pasukan pengamanan Pemilu yg terdiri dari Gabungan TNI dan Polri mampu mengatasi segala kemungkinan yg akan terjadi.

“Pelaksanaan upacara penutupan latihan gabungan pengamanan Pemilu Legislatif dan Capres dan Cawapres tahun 2019 berjalan dengan aman dan lancar,” ujar dia.

Pada prinsipnya TNI siap membantu dalam melakukan pengamanan Pemilu tahun 2019. Jika terjadi kekacauan dalam pelaksanaan Pemilu akan diamankan oleh pihak Polri terlebih dahulu. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here