Sinergitas Tiga Pilar Membangun Desa

0
512
DIALOG: Personel Babinsa saat menghadiri pertemuan dengan warga di Kantor Desa Senayang baru-baru ini. F-ISTIMEWA/KORAMIL 06

BINTAN – Kepala desa tentu tidak hanya bekerja sendiri dalam membangun dan mengayomi masyarakatnya. Dalam melakukan tugasnya, ada banyak unsur lain yang membantu.

Di antaranya adanya personel Bhabinkamtibmas, Babinsa. Tiga pilar ini sangat berperan dalam memajukan desa itu.

Pernyataan itu disampaikan Kapten Inf Rusdianto, Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0315 Bintan, Rabu (14/2).

”Selain berperan sebagai pengamanan dan pengayom masyarakat, personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas turut membantu peran kepala desa. Mereka harus bisa mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada di desa,” ujar Rusdianto.

Tugas pokok Babinsa dan Bhabinkamtibmas berhubungan langsung dengan keamanan, memelihara ketertiban serta deteksi dan pencegahan dini.

Setiap personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas, menurutnya, harus mampu mendalami segala segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pengembangan, pengerahan dan pengendalian potensi yang ada.

Dengan mengamati unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, atau alat guna kepentingan dan kemajuan masyarakat desa.

”Tidak hanya menjalankan tugas pokok semata. harus, aktif juga dalam pengembangan sektor pertanian, dan kegiatan kelompok-kelompok masyarakat seperti nelayan,” sebutnya.

Seperti pada perencanaan pembangunan sarana untuk masyarakat di desa, peran personel sangat dibutuh sebagai pendamping terlaksananya fungsi dari sarana itu.

Rusdianto juga menambahkan, selain aspek pembangunan dan keamanan, personelnya juga dibekali pengetahuan dasar bidang kesehatan.

”Sepeti di desa yang minim tenaga kesehatan, dan perannya harus membantu masyarakat yang sakit agar cepat tertangani tenaga kesehatan,” jelasnya.

Pada intinya, Rusdianto menegaskan dalam waktu 1 kali 24 jam personel keamanan wajib merespon cepat berbagai informasi yang diterima dari masyarakat. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here