Singapura Pesaing yang Sesungguhnya

0
150
Deretan pesawat Lion Air saat berada di apron bandara Hang Nadim Batam beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS.PEMBANGUNAN pelabuhan bongkar muat peti kemas Batu Ampar Kota Batam diganggu Singapura. janganlah kita berikan atau pertaruhkan keris kita kpd lawan”. Setelah RI ini gagal mengembangkan Sabang pl weh menjadi Pelabuhan Bebas, maka di era orde baru pimpinan pak Harto pada tahun 1970 an dibukalah pulau Batam yg berada pada posisi alur laut internasional Selat Melaka. Ketika itu seingat sy diangkat kepala Pertamina Ibnoe Sutowo sebagai ketua Otorita Batam.Alhamdulillah walau masih banyak kendala Batam sudah berkembang seperti kita lihat bersama hari ini. Namun perlu diwaspadai kawasan pelabuhan Batam satu alur dg Singapura yg jadi persaingan biro jasa pelabuhan,mandirilah kita!!.
+6281364252006

Bangkitkan Industri di Batam
MBS.Pihak otorita Batam kini Nama Bp BATAM mesti terus membuat infrastruktur di Batam agar lebih kompetitif. Memperindah Pelabuhan laut dan bandara, karena merupakan urat nadi transportasi arus keluar masuk ke kota Batam. BP batam dan Pemko mesti berseinergi agar geliat industri Batam bangkit kembali.
+6281267715251

TANGGAPAN:
Saya merencanakan Batam menjadi basis industri pesawat. Sehingga keberadaan Batam menjadi unggulan Indonesia untuk menyaingi Singapura.

Saya mau pindahkan kesini pusat pembangunan pesawat. Batam harus back to basic. Tujuanya, menjadikan Batam sebagai pusat pembangunan pesawat di Indonesia.

Rencana itu akan berjalan dan mendapat sokongan negara lain sebagai konsumen. Alasannya, negara lain, seperti Eropa dan Amerika Serikat butuh mitra juga.

Karena kalau Anda buat pesawat, hanya 40 persen yang dibuat perusahaannya, 60 persen dibuat company. Ini peluang Batam. Tapi harus di tempat yang nyaman.

Indonesia dan Batam dinilai mampu untuk itu. Perusahaan di bidang pesawat dinilai bisa bekerjasama dengan Boing dan Airbus.

Kita mampu. Kita perkuat di pesawat. Ini juga untuk membantu (negara). Karena kalau kita impor pesawat terus, bayarnya harus sesuai mata uang yang mereka hendaki. Bayarnya kalau dengan sawit, itu berapa banyak.

Karena itu, Batam diminta untuk kembali ke visi awal untuk industri. Batam sebagai ujung tombak, harus back to basic.

Dengan penguatan pembangunan industri di Batam, diharapkan dapat mendorong terciptanya lapangan kerja. Karena itu saya hadir di Batam, terkait dengan rencana pengembangan industri penerbangan di Batam.

Saya sampaikan, saya datang karena keputusan industri penerbangan dipusatkan di Batam. Tapi masyarakat harus diikutsertakan dalam pembangunan industri ini. (mbb)

Prof Dr BJ Habibie
Mantan Presiden RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here