Singapura Pesaing yang Sesungguhnya

0
943
BATU AMPAR: Kapal angkut barang bersandar, di Pelabuhan Batu Ampar Batam.F-ADLY HANANI/tanjungpinang pos

MBS.PEMBANGUNAN pelabuhan bongkar muat peti kemas Batu Ampar Kota Batam diganggu Singapura,kata direktur lalu lintas barang BP Batam Tri Novianta 27/12 lalu di Batam. Oleh sebab itu,”janganlah kita berikan atau pertaruhkan keris kita kpd lawan. Setelah RI ini gagal mengembangkan Sabang pl weh menjadi Pelabuhan Bebas, maka di era orde baru pimpinan pak Harto pada tahun 1970 an dibukalah pulau Batam yg berada pada posisi alur laut internasional Selat Melaka.

Ketika itu seingat sy diangkat kepala Pertamina Ibnoe Sutowo sebagai ketua Otorita Batam.Alhamdulillah walau masih banyak kendala Batam sudah berkembang seperti kita lihat bersama hari ini. Namun perlu diwaspadai kawasan pelabuhan Batam satu alur dg Singapura yg jadi persaingan biro jasa pelabuhan,mandirilah kita!!.
+6281364252006

TANGGAPAN:
Selain ada kepentingan Singapura memperlambat pelabuhan Batuampar, keberadaan pipa milik Perusahaan Gas Negara (PGN) yang melintasi Batam menuju Singapura juga menganjal pengembangan pengembangan pelabuhan kontainer Batuampar. Pipa yang melintasi pelabuhan Batuampar itu, tidak tertanam. Kondisi ini diharapkan dapat disikapi pemerintah pusat dan PGN.
Tidak hanya menjadi ganjalan untuk kapal yang akan sandar di Batuampar, juga menghalani pengembangan dengan memperdalam alur.

Baca Juga :  Imigrasi Harus Jeli

Pipa gas ke Singapura menggantung, seharusnya lima meter tertanam di bawah dasar laut. Disebutkan kondisi itu menyebabkan kapal yang bisa sandar di Batam, tidak lebih dari kapal dengan kapasitas 3 ribu teus. Itu menghalangi kapal. Kalau kapal besar tidak bisa sandar. Paling bisa kapal 2000-3000 TEUS di Pelabuhan Utara Batuampar. Mau diperdalam, tidak bisa karena kena pipa. ***

Nasrul Amril
Staf Khusus Deputi III Badan Pengusahaan (BP) Batam,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here